Top Social

5 Manfaat yang Didapatkan Dengan Menggunakan Colocation Server!

May 12, 2020

Colocation mungkin masih terdengar asing di beberapa kalangan. Akan tetapi bagi Anda yang bekerja di perusahaan besar dan bekerja di bagian yang berhubungan dengan teknologi, pasti akan tahu hal tersebut. Sebenarnya, apa sih colocation itu?


Colocation adalah salah satu jenis pilihan hosting yang digunakan oleh usaha kecil dalam mendapatkan fitur TI dengan gratis. Dengan kata lain, colocation merupakan suatu rack yang akan menempatkan atau menaruh mesin server milik Anda ke rak milik orang lain dan disertai dengan bandwidth. Secara sederhana, colocation memiliki hubungan dengan server, internet, sistem cloud computing, rack, dan data center.

Dapat dikatakan juga bahwa adanya colocation berguna untuk menjaga keamanan server secara ketat. Sehingga terdapat jasa layanan dari pihak third party dalam mengurus semua sistem dan menjaga bagian hardware server. Tujuan adanya pihak itu sendiri adalah untuk mengawasi atau mengontrol server yang ada pada data center.

Contoh dari rack tersebut bisa Anda lihat pada perusahaan TI yang menyediakan jasa pelayanan dan sewa rack. Jika Anda ingin menggunakan rack tersebut dalam menjaga keamanan usaha Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama, dari segi tempat. Apakah tempat yang Anda pilih untuk lokasi server sudah aman dari bencana atau belum. Kedua, dari segi ketersediaan. Apakah perusahaan Anda sudah memenuhi syarat seperti kelengkapan listrik dan support tidaknya jika digunakan terus menerus. Jika Anda sudah yakin dan memenuhi syarat, Anda bisa menggunakannya. Lalu, apakah ada manfaat dengan menggunakan colocation? Tentu saja ada. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Hemat


Meski awalnya untuk membuat server tersebut membutuhkan biaya yang besar, tapi dalam penggunaannya ternyata bisa menghemat biaya. Selain itu, dibandingkan dengan membuat server sendiri, menggunakan jasa layanan juga bisa menghemat pengeluaran Anda. Tidak heran jika banyak yang memutuskan untuk menggunakan jasa layanan dibandingkan repot sendiri.

2. Produktivitas Meningkat


Salah satu manfaat yang tidak diragukan lagi jika menggunakan rack tersebut ke dalam perusahaan, produktivitas bisa meningkat. Itulah kenapa banyak yang menginginkan data server tersebut meski harus merogoh jumlah yang tidak sedikit di awal. Namun, manfaatnya sangat terasa. Hal ini dikarenakan adanya remote hands yang bisa membantu Anda dalam mengatur dan mengurus server baik software maupun hardware dari server tersebut.

3. Terstruktur


Dengan menggunakan rack atau tempat tersebut, Anda tidak perlu lagi khawatir soal sistem manajemen. Hal ini dikarenakan teknologi tersebut akan membantu membuat sistem menjadi lebih tertata dan terstruktur. Teknologi yang digunakan dalam rack adalah teknologi terbaru di mana sistem tersebut akan selalu update. Sehingga upgrade system akan berjalan otomatis.

Anda juga tidak perlu melakukan upgrade tersebut. Karena hal itu merupakan tugas dari pihak third party sehubungan dengan pengelolaan rack. Anda juga bisa menghemat waktu untuk melakukan hal penting lainnya.

4. Tidak Bergantung Dengan Penyedia Hosting


Meskipun Anda menggunakan jasa dalam pembuatan rack, bukan berarti Anda harus bergantung terhadap penyedia hosting. Anda bisa melakukan apa saja yang berhubungan dengan server tersebut. Anda bisa melakukan install software secara tersendiri dan bebas.

5. Tingkat Keamanan Tinggi


Salah satu alasan lainnya kenapa banyak yang ingin menggunakan rack tersebut adalah karena adanya sistem keamanan yang tinggi. Hal tersebut merupakan jaminan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan server tersebut.

Melihat dari 5 manfaat di atas, tidak heran jika banyak yang menggunakan layanan colocation di nexdatacenter.com.


Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature