Ini Alasan Kenapa Ingin Kembali Berkunjung ke Solo

Mar 25, 2019
Sumber: http://surakarta. go.id

Waah, tiba-tiba saya kangen Solo! Hiiks

Duluuu banget, tahun 2015 kala itu adalah pertama kali saya menginjakkan kaki di Kota Surakarta alias Kota Solo. Waktu itu saya "main" ke Solo bersama teman saya yang asli Solo, namanya Nisa. Duh, jadi kangen Nisa juga nih jadinya. Dia salah satu teman terbaik saya yang saya kenal di Kuningan Jawa Barat. Waktu itu saya baru kenal sebulan, udah langsung jadi teman baik. Dia adalah orang pertama yang ngajakin saya keliling Solo dan Jogja. 

Sekarang sudah lama sekali saya tidak pernah terpikirkan untuk jalan-jalan jauh lagi. Karena domisili sekarang udah Lombok dan punya dua batita. Alhasil saya hanya bisa bernostalgia melalui ruang ingatan. Ingatan tentang Kota Solo dan kenangan yang tercipta di sana. 

Duh, kalau ngebahas Solo beneran bikin saya baper ingin kembali berkunjung ke sana. Sayangnya semua foto kenangan selama di Solo tersimpan di handphone lama yang entah keberadaannya sekarang di mana hiiks.

Kenapa kok Kota Solo ini bikin kangen ya? Setidaknya ada beberapa ingatan saya tentang Kota Solo yang masih melekat indah di ingatan sampai saat ini. Apa saja?

Lingkungan yang nyaman


Bagi kalian yang pernah berkunjung ke Kota Solo pasti setuju dengan saya. Solo itu lingkungannya nyaman banget buat dihuni. Cuacanya juga enggak sepanas di Lombok. Terus yang saya rasakan Solo itu tingkat polusinya enggak terlalu parah seperti kota besar. Oiya, sepanjang jalan juga banyak lampu-lampu cantiknya gitu. Jalanannya juga banyak ditumbuhi tanaman, walaupun bukan taman kota lho. Pokoknya asri banget lah dan nyaman buat tinggal di Solo.

Masyarakatnya ramah


Kesan yang paling kerasa sampai sekarang adalah betapa masyarakat Solo itu orangnya ramah-ramah. Jarang deh kayaknya saya dengar orang ngomong dengan nada tinggi, walaupun itu di pasar! Kebetulan waktu itu saya menginap di rumah keluarganya Nisa. Masyaallah sambutannya luar biasa. Sangking ramahnya saya malah jadi enggak enak ngerepotin. Tapi kata Nisa itu biasa banget kok, orang Solo emang aslinya lemah lembut dan ramah. 

Fasilitas kotanya lengkap


Kota Solo emang bukan kota metropolitan ya teman-teman, tapi fasilitas kotanya sangat lengkap banget. Jadi waktu saya kesana kebanyakan saya keliling naik becak. Hal yang mungkin jarang ditemukan di kota lain. Selain becak, fasilitas transportasi lainnya ada kereta api, bus, taksi, dll. Jadi enggak perlu bingung kalau mau berpindah dari satu lokasi wisata ke lokasi yang lain, Kalau metode transportasinya lengkap gini bisa dibilang Solo itu adalah kota yang maju.

Biaya hidup termasuk murah


Wah, ini nih yang bikin betah lama-lama di Solo. Biaya hidup di sana termasuk murah lhoo menurut saya. Iya sih, waktu itu saya menginap di rumah keluarga teman saya tapi untuk masalah transportasi yang sudah saya mention sebelumnya enggak begitu menguras kantong. Saya juga pernah nanya-nanya tentang biaya penginapan di Nisa dan banyak kok yang harganya murah. Terus, biaya makannya juga murah banget. Sarapan udah kenyang dengan modal 6ribu doang hihi.

Kuliner enak dengan harga bersahabat


Ini nih yang asli bikin kangen Solo, di sana itu surganya kuliner banget! Rasanya enak-enak pula. Harganya bersahabat. Duh kalau ngebahas makanan saya jadi otomatis ngiler deh nih. Jadi kebayang betapa enaknya nasi liwet, tengkleng, sate buntel, bakso solo, nasi pecel, timlo dan masih banyak lagi kuliner khas Solo yang rasanya sungguh menggoyang lidah. Semua bisa dinikmati tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam lho!

Beli oleh-oleh juga murah


Oke, terakhir deh tentang Solo, walaupun tentu masih banyak keunggulan lainnya yaa.. Kota Solo itu surganya batik dan beli oleh-oleh batik itu super murah banget. Enggak cuman batik sih yang bisa dijadikan oleh-oleh, aneka camilan seperti kripik paru, kripik usus ayam, surabi, ampyang dan snack lainnya juga boleh banget dibawa pulang. Ada juga kerajinan tangan tentunya seperti gantungan kunci, miniatur candi dan aneka kerajinan lainnya yang banyak ditemukan di alun-alun Kota Solo.

Sumber: http://surakarta. go.id

Wah, seru lah pokoknya kalau main-main  ke Kota Solo. Banyak tempat wisatanya juga yang asyik-asyik. Sayangnya emang saya belum mengunjungi semua lokasi wisatanya. Maka dari itulah saya sekarang ini lagi kangen berat sama Solo. Semoga suatu saat nanti bisa liburan ke Solo bareng suami dan anak-anak.

Bedanya sih dulu kan saya ke Solo bareng teman saya Nisa. Nginepnya bisa gratis karena numpang di rumah saudaranya hehe. Nah kalau berencana bawa suami dan anak-anak tentunya harus nyari penginapan sendiri dong. 

Di Solo mah kalau masalah penginapan atau hotel murah ya banyak tentunya. Nyari info tentang hotel di Solo juga sekarang kan gampang di jaman serba digital ini. Tinggal search di google, semua info tentang hotel di Solo mulai dari hotel bintang 5, hotel bintang 3 hingga hotel paling murah juga bisa terdeteksi keberadaannya.

Terkait mencari informasi harga hotel saya memang lebih suka membandingkannya langsung melalui situs penyedia  layanan reservasi online yang terhubung dengan ribuan hotel. Salah satunya adalah Pegipegi.com. 

Menurut saya situs Pegipegi.com itu lebih mudah diakses alias user friendly. Sangat mudah menemukan informasi harga hotel, tiket pesawat atau tiket kereta api di Pegipegi.com hanya dengan sekali klik. Reservasinya pun mudah, kadang malah ada promo menarik yang ditawarkan. 


Seperti ini nih tampilannya ketika mencari harga hotel di Solo di situs Pegipegi.com. Wih, ternyata ada hotel yang harganya cuma 100ribuan nih! Asyiik, semoga kesampean yaa niat saya untuk kembali berkunjung ke Solo bersama keluarga!

Kalian udah pernah ke Solo belum?

1 comment on "Ini Alasan Kenapa Ingin Kembali Berkunjung ke Solo"
  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Auto Post Signature