Berkembangnya Perusahaan Logistik Indonesia Sangat Memengaruhi Kemajuan UKM

Feb 28, 2019


Usaha Kecil Menengah atau disebut UKM adalah sektor bisnis yang biasa dilakukan oleh kalangan menengah ke bawah atau para pengusaha baru. Perkembangan UKM memang tampak lebih lambat daripada bisnis-bisnis yang dikelola secara makro dengan modal tinggi.Hal tersebut biasanya disebabkan oleh faktor distribusi produk yang tidak begitu luas, sehingga memengaruhi kemajuan usaha. Inilah mengapa, perkembangan distribusi yang dilakukan oleh perusahaan logistik, menjadi sangat membantu kemajuan para pelaku UKM.

Perusahaan Logistik Membantu Pendistribusian Secara Cepat dan Efisien


Perusahaan logistik Indonesia terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Rupanya, hal tersebut juga dipengaruhi karena kebutuhan masyarakat yang kian banyak serta perkembangan teknologi.Kebutuhan yang melimpah akan berbagai komoditas juga harus diimbangi dengan kecepatan dan ketepatan pendistribusian, sehingga barang yang diinginkan akan sampai di tangan dengan sebenar-benarnya. Tidak mengherankan mengapa banyak sekali perusahaan-perusahaan yang akhirnya beralih menjalani bisnis logistik dan akhirnya berdampak pada perkembangan penyedia jasa logistik itu sendiri.

Persaingan yang ketat di antara perusahaan logistik Indonesia membuat mereka mau tidak mau harus meningkatkan kualitas dalam berbagai hal. Seperti persediaan gudang yang lebih besar, moda transportasi yang lebih beragam, pengiriman yang diharapkan lebih cepat, pengemasan yang aman, dan tentu saja pembayaran yang lebih terjangkau.

Hal tersebut tentu saja memengaruhi sekali pada para pelaku usaha, baik itu usaha makro maupun mikro, termasuk para pelaku UKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Bisa kita semua telaah bahwa dengan pembiayaan yang murah pada distribusi, para pelaku usaha juga akan lebih sedikit mengeluarkan biaya pengiriman. Terlebih, perusahaan logistik Indonesia sekarang pun berlomba-lomba menjangkau tempat-tempat yang lebih terpencil sampai ke desa-desa, sehingga pelaku UKM di wilayah yang tadinya tidak bisa memperluas target pasar, kini bisa mengembangkan produknya ke berbagai tempat.

Majunya UKM Mempengaruhi Kondisi Ekonomi Masyarakat


Keuntungan berantai dari perkembangan perusahaan logistik Indonesia adalah peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri.

Ketika pendistribusian produk-produk oleh UKM meningkat, kemudian usaha tersebut menjadi berkembang, efeknya juga dirasakan oleh kondisi ekonomi para pelaku tersebut.Terlebih, bisnis yang meningkat dan berkembang juga akan menjadi lapangan pekerjaan baru untuk orang sekitar. Sebab, kemajuan bisnis biasanya juga akan diikuti dengan peningkatan jumlah karyawan.Bisa dibilang, berkembangnya perusahaan logistik akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, terutama untuk perkembangan dan kemajuan ekonomi.

Hanya saja, persaingan bisnis logistik yang semakin ketat juga membuat banyak perusahaan logistik harus memutar otak dan merancang strategi supaya bisnis tersebut tidak mati dan kalah saing dari perusahaan lainnya. Oleh sebab itu, perusahaan pun harus pandai-pandai memanfaatkan teknologi masa kini.

Salah satu contoh mudahnya adalah perusahaan logistik juga harus memiliki akses mudah supaya bisa dijangkau pelanggan. Caranya bagaimana? Memiliki website sendiri yang bisa digunakan klien untuk menyewa jasa dengan lebih mudah. Atau, memanfaatkan teknologi untuk proses tracking yang lebih cepat.

Indonesia adalah salah satu negara dengan perkembangan e-commerce yang tinggi. Setiap hari masyarakat kita melakukan transaksi jual beli antar kota bahkan antar pulau, dan peran perusahaan logistik Indonesia sangat dibutuhkan di sana. Ketepatan waktu pengiriman dan minimnya accident adalah salah satu faktor kepuasan pelanggan. Bahkan hal tersebut juga berpengaruh pada masa depan bisnis klien. Sebab, ketika barang yang diantar tidak sampai tujuan karena mengalami kerusakan, yang dirugikan bukan hanya satu pihak. Tidak heran jika klien akan lebih memilih penyedia jasa logistik dari perusahaan yang memiliki rekam jejak bagus.Salah satu perusahaan logistik tersebut misalnya adalah SERA dari PT. Serasi Autoraya, yang sudah sejak lama beroperasi di Indonesia.

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature