Life of A Joyful Mama

Kenali Sistem Pembayaran Tukang Bangunan

Dec 12, 2018

Jika rumah dalam kondisi rusak, jangan pernah menunda untuk memperbaikinya, karena semakin menunda dikhawatirkan kerusakan yang terjadi akan semakin parah dan tentunya akan membuat kenyamanan Anda terganggu.

Saat merenovasi rumah, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan tidak hanya masalah desain atau mempersiapkan bahan bangunannya tetapi juga urusan tukang yang akan bekerja memperbaiki rumah Anda.      

Berbicara mengenai tukang, Anda tidak hanya dituntut untuk mencari tukang yang terampil, tetapi juga harus mengetahui dan memilih skema pembayaran yang tepat, karena saat ini ada banyak sistem pembayaran tukang, masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Termasuk bagi Anda yang baru membeli rumah dijual, baik itu rumah baru ataupun bekas, karena jika baru membeli rumah akan ada saja bagian rumah yang diperbaiki.
   
Nah, bagi Anda yang saat ini ingin memperbaiki ataupun membangun ulang rumah, berikut ini adalah sistem pembayaran tukang bangunan yang perlu diketahui.

Cara Pembayaran Harian

Masyarakat luas mengenal sistem ini dengan nama harian, sesuai namanya tukang hanya dibayar jasanya per hari hingga ia selesai mengerjakan tugas yang diberikan. Karena hanya dibayar jasanya saja maka Anda harus rela untuk menyiapkan bahan bangunan sendiri.  

Kelebihan : karena hanya membayar jasa tukang nya saja dan tanpa menyediakan bahan bangunan, skema pembayaran ini lebih murah jika dibandingkan lainnya. Biasanya skema pembayaran ini digunakan oleh pemilik rumah untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak berat seperti memasang keramik, merapikan genteng hingga mengecat. Perlu diketahui sebelum menggunakan cara pembayaran ini, Anda terlebih dahulu harus mencari tahu harga pasaran untuk menggunakan tukang per harinya.       

Kekurangan: cara pembayaran  ini memiliki kekurangan, yaitu biasanya tukang akan memperlambat kerja mereka dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Untuk itu, bagi pemilik rumah yang berniat menggunakan metode pembayaran ini harus selalu mengawasi kerja tukang agar lebih cepat menyelesaikan tugasnya.

Cara Pembayaran Borongan Tenaga

Berbeda dengan harian, sistem pembayaran borongan tenaga dibayar hingga tukang selesai menjalankan tugasnya. Besaran upah yang dikerjakan tergantung dari kesepakatan, biasa semakin besar pekerjaan yang akan dilakukan maka semakin mahal pula harga yang harus dibayarkan. 

Kelebihan : Dibandingkan dengan harian, pengerjaan tukang dengan sistem pembayaran borongan lebih cepat menyelesaikan tugasnya.

Kekurangan : jika Anda memilih sistem ini berarti Anda juga rela mencari dan membeli bahan bangunan.

Sistem Borongan Penuh

Sistem pembayaran borongan penuh adalah cara pembayaran jasa tukang (non harian) plus tukang akan menyediakan bahan bangunannya. Sistem ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang ingin membangun atau memperbaiki rumah dengan waktu yang cepat.  
Berbeda dengan dua sistem lainnya, cara pembayaran ini dianggap lebih memudahkan si pemilih rumah, karena tidak perlu repot lagi mencari bahan bangunan.    

Kelebihan : kelebihan cara pembayaran ini adalah pekerjaan tukang relatif akan lebih cepat dan Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan bahan bangunan.  

Kekurangan : Karena bahan bangunannya disediakan oleh tukang, maka harganya akan lebih mahal. Untuk mensiasatinya, ada baiknya Anda terlebih dahulu mensurvei harga bangunan atau menyarankan kepada si tukang untuk membeli bahan bangunan di tempat toko langganan Anda, sehingga bisa lebih mudah untuk memantaunya.    



1 comment on "Kenali Sistem Pembayaran Tukang Bangunan"
  1. SIap siap nih buat para pemuda yang mau menikah dan punya rumah sendiri. Makasih mbak artikelnya ^^

    ReplyDelete

Auto Post Signature