Life of A Joyful Mama

4 Tips Sehat Yang Bisa Dilakukan di Trimester Pertama Kehamilan

Nov 17, 2018

Dulu ketika saya hamil anak pertama, duh mualnya minta ampun. Tapi ketika hamil kedua saya malah tidak terlalu mual muntah. Tapi sering pusing, iya. Ada beberapa perbedaan memang ketika saya hamil anak pertama dan kedua. Saya juga pernah membahasnya di tulisan yang ini: Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua.

Berbicara tentang kehamilan, trimester pertama ini emang menurut saya ujian banget ya bunda! Pada kehamilan trimester pertama, biasanya bunda akan dihadapkan pada beberapa perubahan hormone. Ya, perubahan-perubahan tersebut diantaranya adalah emosi yang tidak stabil, sering mengalami pusing, tubuh yang mudah lelah, sering mengantuk, hingga mual-mual. Di samping itu, kehamilan trimester pertama juga merupakan fase awal dari perkembangan janin dalam kandungan. 

Nah, berbicara sola kehamilan trimester pertama, berikut dibawah ini ada 4 tips sehat yang harus bunda lakukan di kehamilan trimester pertama :

1. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minuman Beralkohol

Tips sehat pertama yang harus bunda lakukan di kehamilan trimester pertama, yakni hindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol. Mengapa demikian? Soalnya, karbonmonoksida pada asap rokok itu akan mengalir melalui aliran darah pada janin, sehingga dapat menyebabkan bayi lahir secara premature dengan berat badan yang sangat rendah. Sedangkan zat kimia pada minuman beralkohol dapat  menghambat hingga merusak otak janin.

2. Hindari Konsumsi Daging Mentah

Perlu bunda ketahui, bahwa daging yang mentah ini masih menyimpan bakteri yang dapat memicu infeksi toksoplasma sehingga dapat mengancam kondisi plasenta serta sangat membahayakan bagi janin lho!

3. Hindari Aktifitas Yang Berat

Tips sehat berikutnya yang harus bunda lakukan di kehamilan trimester pertama, yakni hindari aktifitas-aktifitas yang berat. berat. Soalnya, aktifitas yang berlebihan ini sangat rawan berpotensi terjadinya kelecakaan yang dapat mencederai bunda maupun janin dalam kandungan. 

4. Jangan Mengonsumsi Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri

Tak hanya daging mentah, daging ikan yang mengandung merkuri juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin. Dan yang lebih menakutkannya lagi, kandungan merkuri tersebut dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi lho! Adapun mengenai berbagai jenis ikan laut yang mengandung merkuri seperti ikan tenggiri, ikan pari, ikan hiu, ikan salmon, dan lain sebagainya.

Itulah 4 tips sehat yang harus bunda lakukan selama kehamilan trimester pertama. Disamping itu, bunda juga jangan sampai lupa untuk tetap memperhatikan asupa nutrisi selama kehamilan. Yang penting suasana hati juga harus tetap happy ya! :)

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature