Life of A Joyful Mama

Tips Menggoreng Kentang Agar Kering Kentang Krispi Yang Istimewa

Nov 17, 2018
Pixabay
Kamu termasuk yang suka kering kentang juga enggak? Kering kentang menjadi salah satu panganan favorit keluarga Indonesia. Kerenyahannya yang berpadu dengan manis pedas bumbunya selalu berhasil menggugah selera makan. Namun, setiap kali berusaha membuat sendiri di rumah terkadang hasilnya tidak serenyah yang dijual di pasaran. Mungkin kamu ada yang salah dari cara menggoreng kentang.

Tips Menggoreng Kentang 


Terkadang kering kentang buatan sendiri hasilnya lembek dan tidak renyah meski baru saja selesai digoreng. Mungkin ada baiknya kamu perhatikan beberapa tips berikut ini. Tips cara menggoreng kentang agar kering kentang buatan kamu hasilnya garing, renyah dan dapat disimpan lama.

1. Pilih kentang yang sedikit kandungan kadar airnya

Pastikan kamu memilih kentang yang segar, masih keras dan permukaan kulitnya mulus. Usahakan juga memilih kentang dengan ukuran yang agak besar. Hal ini mempermudah kamu saat memotong. Kentang tes bisa jadi pilihan tepat untuk membuat kering kentang, karena kentang tes memiliki umbi yang besar dan lebih keras.

2. Posisi Iris Kentang

Iris kentang dengan ukuran yang sama besar Kupas kulit kentang dan buang mata kentangnya. Lalu cuci sampai bersih. Kamu bebas mengkreasikan irisan kentang sesuai selera kamu. Bisa dipotong dalam bentuk yang melintang tipis segi empat atau bisa pula sebesar batang korek api.

Kamu juga bisa menggunakan alat serut kentang atau alat parutan keju untuk menghasilkan ukuran yang sama tebalnya. Sedikit trik, kamu bisa juga menggunakan food processor untuk menghemat waktu saat mencacah kentang. Food processor membuat hasil potongan kentang yang sedikit lebih besar bila dibandingkan menggunakan alat parutan keju. Ukuran kentang yang sama besar menghasilkan gorengan kentang yang matang bersamaan.

3. Rendam kentang

Rendam kentang yang telah dipotong dalam larutan air kapur sirih Air kapur sirih akan membantu membuat tekstur kentang menjadi renyah saat sudah digoreng. Cukup tambahkan 1 sendok makan air kapur sirih dalam 2 liter air matang dan rendam kentang selama minimal 30 menit. Tiriskan kentang lalu bilas kembali dengan air bersih sampai air bilasan tidak keruh.

4. Goreng kentang dalam minyak banyak

Untuk merenyahkan kentang, cara menggoreng kentang harus dengan teknik deep frying. Goreng kentang dalam minyak yang banyak dengan panas sedang hingga seluruh potongan kentang terendam dalam minyak.

Biarkan kentang matang perlahan dan usahakan jangan terlalu sering mengaduknya. Saat sudah matang, segera tiriskan kentang hingga kering agar tidak banyak minyak yang menggenang.

5. Goreng bahan bahan paduan hingga kering

Keing kentang semakin menggugah selera dengan dipadukan aneka tambahan panganan. Biasanya kering kentang diambahkan cabe merah kering yang diiris tipis, teri, kacang atau bawang merah goreng. Pastikan semua bahan tambahan tadi digoreng kering secara terpisah. Ini untuk menjaga agar kering kentang dan bahan lainnya bisa tetap renyah meski sudah dibumbui.

6. Bumbui kering kentang kamu

Biasanya kering kentang memakai bumbu dari campuran gula merah, gula putih, lengkuas dan daun salam serta air. Bila kamu penikmat panganan pedas, bisa ditambahkan cabai merah dan cabai rawit sesuai selera. Panaskan semua bahan ini sampai mendidih dan agak kental. Setelah itu masukkan kering kentang dan bahan paduan kering lainnya.

Hindari memasukan kering kentang saat bumbu masih berair, karena jika masih berair keripik kentang akan jadi lembek berminyak setelah dibumbui.

Selamat mencoba, dan semoga tips menggoreng kentang ini membuat kering kentang kamu tidak kalah renyah dari yang dijual di pasaran.
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature