Beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi Gigi Kuning

by - November 06, 2018

Pixabay.com

Gigi kuning adalah hal yang paling memalukan jika itu terjadi pada diri kita. Mengapa? Karena gigi kuning membuat orang yang melihatnya menjadi jijik. Gigi kuning mencerminkan diri kamu jorok dan tidak suka membersihkan diri. Nah, untuk mengatasi gigi kuning, mungkin kamu biasanya menyikat gigi kamu dengan pasta gigi yang dijual di pasaran. Kemudian hasilnya kurang memuaskan.

Sebenarnya ada beberapa cara alami untuk mengatasi gigi kuning. Sehingga kamu lebih gampang untuk mengaplikasikannya di rumah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bias memperhatikan beberapa penyebab dan cara mengatasi gigi kuning berikut ini.

Penyebab Gigi Kuning

Gigi kuning terjadi karena plak sudah mengarat dan menyebabkan warna gigi jadi menguning. Hal tersebut disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Pengaruh yang sangat besar terhadap gigi yang menguning adalah makanan yang mengandung pewarna. Pewarna pada makanan tersebut membuat lapisan onamel gigi terdapat noda dan membuatnya menguning. Selain makanan yang mengandung zat pewarna, makanan yang mengandung asam juga dapat menyebabkan lapisan onamel gigi menjadi terkikis dan menjadi gigi kuning. makanan lain berikut ini juga menjadi penyebab gigi berlubang:

1.    Kopi Dan Teh
Kopi dapat menyebabkan gigi kamu menguning karena sifat asam pada kopi. Sehingga jika kamu penggemar kopi, kamu bisa mengurangi minum kopi sekarang juga. Jika kamu tidak ingin memiliki gigi yang kuning. Selain kopi, the juga bisa menyebabkan gigi menguning karena juga memiliki sifat asam. Namun the hijau tidak begitu mengandung asam, apalagi yang berwarna jernih. Sehingga aman untuk kamu konsumsi.

2.    Buah Berwarna Terang
Ternyata memakan buah yang berwarna bukan hal yang begitu baik, terutama untuk gigi kamu. Hal ini dikarenakan, buah seperti anggur, blueberry dan cherry dapat menyebabkan gigi menguning. Bahkan olahan buah tersebut juga bisa menyebabkan gigi menguning.

3.    Minuman Bersoda
Memang tak ada manfaatnya jika kamu terus mengonsumsi minuman bersoda. Selain tidak baik bagi kesehatan juga  karena kandungan sodanya. Minuman bersoda juga bisa menyebabkan gigi kamu menguning. Untuk itu kamu lebih baik menggantinya dengan air lemon. Jika kamu ingin mendapatkan kesegaran minuman.

Cara Mengatasi Gigi Kuning dengan Bahan Alami

Penyebab-penyebab gigi menguning di atas bisa kamu hindari dengan mengganti dengan makanan lainnya. Namun jika kamu tetap ingin mengonsumsinya, kamu bisa mengatasi gigi kuning dengan beberapa bahan alami yang ada di alam. Jadi tidak perlu dengan bleeching dan sebaginya di klinik kecantikan, yang pastinya akan menghabiskan uang kamu. Berikut beberapa cara mengatasi gigi kuning dengan bahan-bahan alami tersebut.

1.    Kulit Jeruk
Menggunakan kulit jeruk sebagai pasta gigi tak ada salahnya. Selain dapat membuat mulut kamu tidak bau lagi, gigi kuning pun akan hilang. Caranya mudah sekali menggunakanya, kamu bisa menumbuk kulit jeruk dengan terlebih dahulu memotongnya menjadi potongan lebih kecil. Saat menumbuk kulit jeruk, kamu bisa menambahkan air sedikit. Setelah itu barulah kamu oleskan ke gigi apabila telah halus.

2.    Daun Salam
Selain untuk memasak, ternyata daun salam juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Caranya sama dengan menggunakan kulit jeruk, kamu cukup menumbuk daun salam menjadi halus. Agar daun salam tidak terlalu bau, kamu bisa menambahkan perasan jeruk lemon. Tentunya perasan jeruk lemon bisa membantu menghilangkan bau mulut.

3.    Daun Sirih
Daun berikut ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan gigi kuning sehingga tak heran jika nenek moyang bahkan hingga kini, daun sirih digunakan sebagai pasta gigi  alami. Jika nenek moyang kita menggunakannya dengan cara dikunyah, maka kamu tak perlu repot melakukan hal tersebut. Kamu bisa merebus daun sirih, kemudian ambil air daun sirih untuk dikumur-kumur setelah sikat gigi.
Itu dia penyebab dan cara mengatasi  gigi kuning. Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Note: This is a sponsored post, Read Disclosure.

You May Also Like

2 comments

  1. Minuman bersoda itu emang ga ada benefitnya mbaa, udah bikin gigi mudah ngilu, kalsium tulang juga ikut larut dan jadi mudah kena osteoporosis dan Osteo-arthritis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, dari pertama kali nyobain minuman bersoda juga saya enggak terlalu doyan, rasanya aneh,

      Delete