7 Langkah Memasang Wallpaper Pada Dinding Apartemen

by - November 01, 2018

Sumber: Pixabay.com
Terkadang, pengembang properti tidak mengijinkan penghuni apartemen merubah struktur ruangan maupun desain yang ada. Apalagi jika status kamu merupakan penyewa apartemen, tentu terdapat banyak aturan yang harus kamu taati. Namun, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan memasang wallpaper di apartemen kamu.

Wallpaper merupakan salah satu cara membuat apartemen kamu terlihat lebih berwarna. Kamu bisa menyesuaikan jenis wallpaper yang kamu inginkan dengan kepribadian kamu. Selain itu, Motifnya yang beragam dapat dengan mudah disesuaikan dengan konsep ruangan yang diinginkan. Wallpaper juga memiliki daya tahan yang tinggi (hingga 8 - 10 tahun) dibanding cat dinding biasa. 

Ingin coba untuk mendekorasi ruangan kamu dengan wallpaper? Ikuti tujuh langkah berikut ini yang bisa kamu lakukan sendiri untuk memasang wallpaper di dinding apartemen kamu, seperti dikutip dari Olympic Residence!

1. Ukur dinding ruangan terlebih dahulu 

Mengukur ruangan merupakan langkah yang paling utama sebelum memulai pemasangan. Kamu harus mengukur dengan akurat sehingga dapat memotong kertas dengan pas. Jangan lupa untuk menggunakan penggaris dan pensil untuk menggambar garis di permukaan dinding.

2.  Tentukan motif yang paling pas

Pilihlah motif wallpaper yang sesuai dengan selera kamu. Beragam motif yang terdapat di toko dan pasaran dapat kamu temukan dengan mudah. Selain mencerminkan personality kamu, motif wallpaper juga akan berpengaruh terhadap suasana di ruangankamu. Bagi kamu yang tinggal di apartemen studio, lebih baik pilihlah motif yang sederhana atau polos. Motif yang terlalu ramai dan besar akan membuat ruangan kamu terlihat penuh dan sempit. Kamu bisa mix and match warna dan motif yang kamu suka, namun pertimbangkan juga dengan harmoni warna yang ada di apartemen kamu.

3. Pastikan kamu memiliki wallpaper yang cukup

Setelah memilih motif yang pas, pastikan bahwa kamu memesan wallpaper dalam satu waktu. Hal ini penting agar wallpaper yang kamu pesan cukup untuk meng-cover luas dinding yang kamu butuhkan.
4. Cari informasi pemasangan
Ketimbang meminta bantuan tukang atau petugas pemasangan wallpaper, coba lakukan pencarian informasi melalui internet atau petugas dari toko wallpaper agar proses pemasangan dapat berjalan baik.

5. Siapkan peralatan

Kamu harus menyiapkan beberapa peralatan wajib seperti plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper dinding, 2 bak untuk adukan lem, spons, kuaslem, roller dan amplas.

6. Pasang Wallpaper kamu

Sebelum memasang wallpaper, pastikan kamu menggunakan kain pelapis atau pun koran untuk melindungi furniture dan lantai apartemen kamu. Pasang secara hati-hati dari ujung atas, kemudian perlahan ratakan ke arah samping. Jangan biarkan terdapat udara yang terperangkap diantara wallpaper dan dinding apartemen kamu agar hasilnya tidak menggelembung.

7. Cek Kembali Hasil Kerja Kamu 

Setelah terpasang, coba kamu cek sekali lagi untuk memastikan kerapian wallpaper kamu, terutama pada bagian sambungan dan juga sudut-sudut ruangan.

Simple kan? Kami bisa aplikasikan sendiri loh wallpaper yang kamu mau di dinding apartemen kamu. So, untuk kamu yang sewa apartemen, baik di sewa apartemen Jakarta, Bandung, Surabaya atau kota-kota lainnya jangan lupa aplikasikan tips dan trik ini ya!

You May Also Like

0 comments