Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Memulai Hari

by - September 26, 2018

Ilustrasi Menu Sarapan Pagi, sumber: Pixabay

Helloo moms! Sudah sarapan kah pagi ini? Menu sarapannya apa?

Saya ini lhoo, mau nulis postingan kali ini gara-gara terinspirasi dari tulisan blog teman saya Mas Didit di blognya http://www.lazwardyjournal.com. Dia tuh travel blogger sejati asal Lombok. Bayangin deh, untuk sarapan aja dia tiba-tiba udah di Pantai Sanur Bali aja. Baca di sini: Sarapan Lumpia di Pantai Sanur Bali. Duh, travel blogger asal Lombok yang satu ini emang mobilitasnya tinggi banget.

Anyway, ngomong-ngomong soal sarapan, moms sudah tahu belum pentingnya sarapan itu seperti apa? Atau mungkin ada diantara kita yang masih beranggapan bahwa menunda sarapan untuk digabung dengan makan siang itu lebih enak dan lebih hemat? Hmmm yuk ubah mindsetnya mulai dari sekarang! Karena  ternyata sarapan walaupun dengan sepotong kecil roti di pagi hari itu bisa membawa segudang manfaat lhoo bagi tubuh kita!

Apa saja manfaat sarapan bagi kesehatan? Berikut ini hasil rangkuman dari artikel yang saya baca di situs aladokter.com:

1. Mencegah Datangnya Penyakit

Orang dewasa yang tidak sarapan di pagi hari cenderung akan merasa lapar ketika menjelang siang, sehingga mereka mengkonsumsi karbohidrat berlebih. Hasilnya, mereka yang tidak sarapan lebih rentan terkena diabetes dan penyakit jantung. Beda halnya dengan mereka yang terbiasa sarapan di pagi hari. Mereka cenderung lebih sedikit mengkonsumsi kalori sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Orang yang tidak mengawali hari dengan sarapan biasanya memiliki daya pikir yang menurun, tidak bisa konsentrasi dan tidak bisa fokus mengerjakan tugas. Mereka yang sarapan sebelum beraktifitas memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi, lebih fokus dan lebih produktif karena perut mereka sudah terisi.

3. Menurunkan Berat  Badan

Menurut penelitian, jika seseorang sudah sarapan bergizi di pagi hari dia cenderung tidak mengkonsumsi makanan berlebih ketika makan siang. Beda halnya bagi yang tidak sarapan, karena terlalu lapar mereka biasanya akan mudah tergoda untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Hal ini yang menyebabkan berat badan mereka bisa cepat bertambah.

4. Mencegah Stress

Biasanya nih kalau mereka yang tidak sarapan itu lebih mudah kesal dan sensitif daripada mereka yang sudah sarapan. Emang bener deh, perut lapar itu pemicu stress. Makanya, jangan malas sarapan ya!

5. Memberikan Nutrisi bagi Tubuh

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa tubuh yang terbiasa menerima asupan yang baik ketika sarapan akan bisa menyerap nutrisi secara lebih baik dan lebih menyeluruh.

Nah, sekarang udah tahu kan manfaat sarapan pagi. Oiya, perhatikan  juga yaa menu sarapannya. Jangan sampai kebanyakan karbohidrat, jangan sampai kekenyangan. Soalnya bukannya malah jadi tambah produktif, kalau terlalu banyak sarapan malah bisa bikin ngantuk kan. Jangan lupa sarapan ya!


You May Also Like

4 comments

  1. Thanks mbak. Sarapan penting bnget asalkan jngn brlebihan yaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Kalau berlebihan malah bikin ngantuk

      Delete
  2. Kaloq kebanyakan sarapan bisa ngantuk dan males kerja apalagi banyak makan karboo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba. Segala yang berlebihan pasti tidak baik

      Delete