Life of A Joyful Mama

Pentingnya Merencanakan Liburan Keluarga Akhir Tahun

Sep 26, 2018



Hello moms! Kalian termasuk kelompok yang mana nih? Yang suka merencanakan acara jalan-jalan keluarga jauh hari sebelumnya, atau yang suka jalan-jalan dadakan tanpa direncanakan? Nah, kadang saya sering tuh ngalamin yang namanya kecewa karena acara yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari tiba-tiba batal karena satu dan lain hal. Malah di lain hari kemudian ketika tiba-tiba diajakin papanya anak-anak keluar rumah, walaupun dadakan dan tanpa rencana yang matang eh akhirnya terwujud juga! Moms pernah ngalamin juga?

Sebenarnya seberapa penting sih merencanakan acara traveling keluarga itu? Sebelum menjawab penting enggaknya liburan yang terencana, saya juga mau nanya: “Sebenarnya penting enggak sih ada acara jalan-jalan bareng keluarga?”. Soalnya ada lhoo tetangga saya yang hidupnya itu setiap hari kerjaannya cari uang mulu. Bener-bener tiep hari and literally keluar rumah itu buat kerja nyari uang. Beliau pebisnis dan kerjanya tiap hari ya itu aja dari pagi sampai sore, dari awal nikah sampai sekarang udah tua banget. Enggak pernah sekalipun keliatan keluar jalan-jalan bareng keluarga walaupun di hari libur.

Liburan Keluarga, Penting?


Duh saya enggak mau dibully karena ngomongin pilihan hidup orang lain yaa.. Tapi bener deh, kalau untuk saya pribadi, jalan-jalan keluar bersama keluarga itu adalah salah satu momen yang penting  banget dalam hidup. Keluar rumah bareng keluarga entah itu dalam bentuk jalan-jalan sekitar komplek, liburan ke pantai atau destinasi lainnya bagi saya sangat penting karena hidup itu terus berjalan. Anak-anak sebentar lagi akan tumbuh besar dan kita para orang tua di saat bersamaan juga akan menua. Jadi, penting enggak sih liburan bersama keluarga? Penting dong! Karena:

Anak itu Cepat Besar

Seperti yang sudah saya mention sebelumnya bahwasanya waktu itu terus berjalan. Anak itu cepat besarnya. Perasaan baru kemarin rasanya mengandung anak pertama, sekarang udah masuk sekolah. Besok-besok dia udah mau kuliah aja, nikah, punya anak dan seterusnya. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Setiap detik bersama anak itu berharga sehingga perlu waktu khusus untuk berbagi kebahagiaan bersama mereka.

Refreshing

Nah, setiap rumah tangga itu memiliki ritme hidup yang berbeda-beda. Ada yang kedua orangtuanya pekerja kantoran, ada yang mamanya full ibu rumah tangga di rumah, ada yang disambil kerja online atau istilahnya freelancer dan lain sebagainya. Liburan khusus bersama keluarga menjadi salah satu bentuk “pelarian” yang asyik. Sejenak melupakan tugas kantor dan pergi berpetualang bersama anak-anak itu refreshing banget lho!

Menjadi Lebih Dekat

Menjalani rutinitas sebagai orang tua yang mencari nafkah setiap harinya tidak memungkiri menciptakan “gap” tersendiri. Gap di sini enggak selalu berarti “jarak” dalam artian yang sesungguhnya. Tapi lebih cenderung kepada waktu yang hilang karena tidak bisa membersamai anak-anak 24jam. Pasti ada cerita dari sekolah mereka misalnya yang mungkin belum sempat diceritakan kepada kita para orang tua. Nah dengan adanya liburan bersama keluarga, setiap anggota keluarga bisa kembali lebih dekat dari biasanya.

Pentingnya Liburan yang Terencana


Jika meluangkan waktu  bersama keluarga itu penting, lalu seberapa pentingkah liburan yang direncanakan dengan baik itu? Apakah moms masih suka liburan yang mendadak asalkan jalan? Ataukah moms tipe orang yang merencanakan semuanya dengan detail?

Menurut pandangan saya pribadi, liburan bersama keluarga itu bisa banget dijadikan momen untuk mengembalikan keharmonisan antar anggota keluarga. Nah, salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengembalikan rasa harmonis itu adalah dengan cara menciptakan liburan keluarga yang menyenangkan. Kalau di perjalanan kita bisa menikmati momen seru dan gembira serta dilalui dengan rasa tenang, tanpa was-was dan tanpa rasa sedih tentu kenangan menyenangkan dari liburan itu akan terbawa sampai di rumah. Hal ini tentu akan menciptakan keharmonisan tersendiri dan suasana baru yang lebih segar.

Beda halnya jika liburan berjalan tidak mulus atau sedikit kacau. Tentu hal ini bisa menjadi boomerang kan bagi keluarga. Maka dari itu perlu banget merencanakan liburan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Liburan yang terencana itu bisa meminimalisir kejadian-kejadian tidak menyenangkan. Selain itu moms bisa juga menyesuaikan semua kegiatan selama liburan sesuai dengan budget yang ada.

Nah karena sekarang bulan September udah memasuki pekan-pekan terakhir , itu artinya bulan Oktober sebentar lagi datang. Kemudian dilanjut bulan November setelah itu Desember deh! Artinya kita udah saatnya nih mulai dari sekarang mempersiapkan liburan akhir tahun yang menyenangkan! Yeay :)

Tips Merencanakan Liburan Keluarga Akhir Tahun

Nah, dalam rangka menciptakan liburan yang menyenangkan bagi semua, perlu nih merencanakan liburan akhir tahun dari sekarang. Ada beberapa tips nih yang bisa banget disimak ketika merencanakan liburan bersama keluarga tercinta:

Perhatikan Tanggal Merah

Bagi para orang tua milenial yang memiliki mobilitas tinggi, perlu banget untuk terlebih dahulu mengecek tanggal merah yang ada di kalender. Perhatikan hari-hari libur nasional misalnya. Nah, karena kita ngebahasnya liburan akhir tahun maka lihat deh New Year 2019 itu jatuhnya di hari apa? Apakah jatuh di hari “kejepit”? Jika iya, bisa banget tuh direncanakan untuk extend ambil cuti sehingga momen kumpul keluarganya bisa lebih panjang. Iya kan?

Waah, percaya enggak sih kalau ini tuh kebetulan banget sebenarnya inti dari tulisan ini mau ngasih tau kalau New Year 2019 itu jatuh di hari selasa alias hari kejepit. Artinya, liburannya bisa banget deh diperpanjang dari hari Sabtu, Minggu lanjut ke Senin sampai Selasa. Wah, seru pastinya!

Diskusikan Itinerary Bersama Keluarga

Menciptakan sebuah liburan keluarga yang menyenangkan memang gampang-gampang susah. Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, jika liburan kacau maka bisa jadi boomerang untuk anggota keluarga. Bukannya mendapat keharmonisan malah semua jadi tambah rumet kan? Misalnya aja nih (dan biasanya) sang ibu memaksakan seluruh anggota keluarga untuk mengikuti itinerarynya. Contoh lain misalnya destinasi liburannya itu-itu saja sehingga timbul kebosanan.

Jadi nih, biar keharmonisan keluarga itu tercapai perlu adanya kesepakatan dari semua anggota keluarga mengenai tujuan wisata dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama di sana. Enggak melulu harus di Pulau Jawa, moms yang ada di Jakarta juga boleh banget sesekali merencanakan liburan keluarga akhir tahun ke luar pulau seperti Lombok misalnya.

Cek Harga Hotel dan Tiket Pesawat dari Berbagai Situs

Oke deh, tips yang terakhir dari saya adalah pastikan moms mengecek harga hotel dan tiket pesawat yang paling murah. Karena namanya liburan bersama keluarga pasti ada saja pengeluaran yang tidak terduga di luar yang telah direncanakan. Kalau bisa dapetin harga termurah, uang yang ada bisa buat kebutuhan lainnya kan?

Nah, saya kasih contoh yaa.. Misalnya moms mau merencanakan liburan dari Jakarta ke Lombok untuk tanggal 28 Desember 2018. 


Setelah saya coba cek harga tiket pesawat menggunakan maskapai penerbangan Citilink, harga paling murah untuk one way ticket berada di sekitaran Rp 977.000,-/orang. Sedangkan untuk penginapannya yang paling popular adalah Hotel Golden Palace yang berlokasi di Kota Mataram dengan rate sekitar Rp 855.000/malam di tanggal yang sama. Jika ditotalkan harga tiket pesawat one way untuk satu orang dan harga kamar hotel untuk satu malam maka jumlahnya menjadi sekitar Rp 1.832.000,-.

Harga Kamar di Hotel Golden Palace Lombok
Harga Tiket Pesawat termurah ke Lombok

Sekarang bayangkan jika ada situs yang menawarkan harga yang lebih murah jika membooking tiket + hotel sekaligus. Beneran ada lhoo! Siapa lagi coba yang berani memberikan tawaran yang lebih baik dari Traveloka?! 

Yaps, Traveloka moms! Siapa sih yang enggak kenal sama situs booking online yang satu ini. Kini pesan tiket pesawat dan hotel secara bersamaan bisa jauh lebih hemat dibandingkan harus pesan terpisah. Saya sudah kasih contoh lhoo ya di atas, total yang dibutuhkan untuk memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah melalui masing-masing situs adalah sekitar Rp 1,8 juta. Sedangkan jika pesan tiket pesawat+hotel di Traveloka hematnya bisa sampai 20% lhoo ini. Jika tidak percaya, silahkan iseng-iseng dibuktikan sendiri aja yaa.. Nih, saya kasih screenshot langsung dari Travelokanya:

Hasil Pencarian melalui Traveloka

Tuh kan, yang seharusnya ngeluarin uang Rp 1,8jutaan, kalau pesan paket tiket pesawat+hotel lewat traveloka bisa jadi Rp 1,6 jutaan doang. Wah lumayan banget bisa hemat Rp 200ribuan. Syukur-syukur kalau bisa ditabung yaa.. atau bisa juga sih dipakai untuk tambahan wisata kuliner :D

Jadi gimana nih moms? Tergiur enggak dengan kemudahan dan harga murah ini? Silahkan coba sendiri aja deh yaa. Pesan tiket pesawat sekaligus hotel melalui Traveloka itu dijamin lebih mudah dan tentunya saving time alias menghemat waktu. Daripada harus ribet buka satu persatu website maskapai penerbangan dan situs hotelnya, tentu pesan tiket+hotel sebagai 1 paket di Traveloka bisa lebih hemat. Oiya, pas mau bayar juga tersedia berbagai macam metode pembayaran yang memudahkan kita tentunya yaitu bisa melalui Transfer bank, Kartu Kredit, ATM, CIMB Clicks, BCA Klikpay, Mandiri Debit, serta minimartket seperti Alfamart dan Indomaret.

So moms, sudah siap merencanakan liburan keluarga akhir tahun untuk menyambut New Year 2019? Jika iya, yuk booking paket hemat tiket pesawat+hotel di Traveloka. Bisa langsung klik di halaman ini yaaa…

Thanks for reading! Remember, a happy mama means a happy family! Jangan lupa bahagia dan mulai perjalananmu dengan Traveloka.



Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature