Life of A Joyful Mama

Emak, Tujuan Ngeblog itu Apa sih?

Sep 26, 2018
sumber: pixabay.com
Waah pagi-pagi udah ngebahas ngeblog aja nih... Padahal cucian sudah menumpuk dan menggunung. Sempat-sempatnya deh yaa buka laptop dan pura-pura amnesia ninggalin kerjaan rumah :D

Itulah emak-emak! Eh maksudnya emak-emak blogger. Kalau enggak nyediain waktu khusus buat ngeblog mah kapan lagi cobaa... Mumpung krucils lagi bobok pulas karena baru pulang jalan-jalan. Ninggalin cucian sebentar doang mah enggak apa-apa lah..

Lagian yang dibahas tema ringan ini. Tujuan ngeblog bagi emak-emak itu apa sih? Berawal dari membaca tulisan mas Irvan Maulana di blognya https://irvan.id/  yang judulnya "Apa itu Blog?" saya di sini mau sharing juga ah tentang blogging.

Istilah ngeblog kalau menurut saya pribadi adalah menulis online. Dulu waktu pertama kali ngeblog murni niatnya ingin mengasah kemampuan menulis sekaligus berbagi informasi bermanfaat buat pembaca. Eh walaupun awalnya saya mikir siapa juga yang mau baca tulisan receh dari blog saya? Ternyata setelah beberapa lama saya sadar ternyata pembaca blog saya itu ada lho! Ternyata blog saya dibaca orang! Berawal dari iseng-iseng nulis daftar kolam renang yang ada di Depok (tempat saya domisili dulu) eh malah sekarang kegiatan ngeblog malah menjadi rutinitas saya sehari-hari. Walaupun enggak mesti update tulisan baru, minimal blogwalking atau mempercantik tampilan blog hampir saya lakukan setiap hari.

Jadi, apa nih tujuan ngeblog buat seorang emak-emak blogger seperti saya? Oke, tujuan utamanya kalau bagi saya tetap adalah sebagai penghibur di waktu luang. Bayangin dong dari subuh sampai mau subuh lagi kerjaan saya di rumah "hanya" ngurusin cucian, masak, ngepel, nyapu dan main lari-larian sama krucils. Walaupun tentunya menyenangkan mengerjakan itu semua tapi emak juga perlu waktu khusus sendiri. Setuju? Setuju dong! Terus alasan lainnya apa? Nih saya kasih list di bawah ini:

1. Mengasah Otak

Merangkai satu kata dengan kata lainnya agar menjadi kalimat sederhana yang mudah dipahami, menyambungkan kalimat satu dengan kalimat lain agar menjadi sebuah paragraf yang gampang dimengerti diperlukan suatu proses pembelajaran yang tidak sebentar. Salah satu komitmen yang saya lakukan untuk belajar bagaimana menulis yang baik dan benar adalah dengan cara ngeblog. Alhamdulillah banget tulisan saya yang dulunya sangat-sangat alay perlahan berubah menjadi tulisan sederhana yang seadanya tapi bermanfaat. Nah, proses meninggalkan gaya tulisan alay ternyata cukup mengasah otak bagi saya lho!

2. Ajang Silaturrahim dan Networking

Alhamdulillah berawal dari ngeblog saya bisa tergabung dalam beberapa komunitas online yang menjadi wadah saya untuk belajar menjadi blogger yang lebih baik. Tak jarang dari blogwalking (berkomentar di blog orang lain) itu saya juga bisa menambah teman walaupun sebatas di dunia maya melalui sosial media yang ada. Ada juga lhoo yang berawal berkomentar di blog akhirnya bisa ketemuan dan menjalin pertemanan di dunia nyata. Alhamdulillah dengan blog bisa menjalin silaturahmi dan menambah jaringan.

3. Menambah Pengetahuan

Saya itu percaya banget kalau ada yang bilang "Kalau mau membaca maka menulislah". Karena emang bener deh bagi emak-emak yang jarang luagin waktu untuk membaca seperti saya maka menulis adalah solusinya. Karena dengan menulis saya setidaknya "dipaksa" juga harus membaca topik seputar yang saya tulis. Jadi tulisannya enggak asal-asalan, minimal ada tulisan orang sebelumnya yang sudah kita baca sehingga terinspirasi untuk menulis ulang versi kita sendiri. Nah, dari sini saya ngerasain banget kalau blogging itu bisa menambah pengetahuan bagi saya.

4. Tantangan

Meluangkan waktu tersendiri untuk membuka laptop, mengetik berjam-jam walaupun dengan ada jeda setiap 10-menitnya, ya krucils minta makan, minta diambilin mainan, dan lain-lain, itu semua merupakan tantangan tersendiri bagi emak-emak baru seperti saya. Bagaimana manajemen waktu itu sangat penting banget. Duh menantang lah pokoknya :D

5. Tambahan Penghasilan

Oke, ini nih yang paling asyik. Hiihii ternyata oh ternyata ngeblog itu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dan saya baru tahu setelah bertahun-tahun ngeblog. Yang awalnya saya mengira blog itu hanya untuk menulis curhat-curhat enggak jelas, sekarang saya lebih bersemangat ngeblog. Lumayan banget lhoo bagi seorang stay at home mama seperti saya. Bisa "gajian" tanpa harus menunggu awal bulan itu rasanya bahagia banget, tanpa harus meninggalkan si krucils dan tanpa harus meminta terus ke suami.

Alright, sekian dulu deh tulisan ringan di pagi hari ini. Semangat ngeblog mak! Share juga dong alasan mak ngeblog itu apa aja?




2 comments on "Emak, Tujuan Ngeblog itu Apa sih?"
  1. Sepakat banget mbak dengan lima poin di atas. Tambahan dari saya tujuan ngeblog untuk menebar manfaat dan mengabadikan kenangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget mba! Malah bisa nambah pahala yaa kalau tulisannya bermanfaat bagi orang lain :)

      Delete

Auto Post Signature