Dolan Deso Boro, Dolanan Yuk!

by - May 15, 2018


Udah pernah ke Jogja sebelumnya guys? Well, desa wisata di Jogja kali ini akan membuat kamu dan keluarga merasa nyaman, karena kamu akan disuguhkan panorama dan realita kehidupan di desa yang rindang dan nyaman. Jika kamu yang biasanya menghabiskan waktu di Kota, wisata desa ini sangat cocok untuk merefresh pikiran kamu dari keramaian serta hiruk pikuk kehidupan perkotaan yang penuh kebisingan.

Nama desa ini dinamakan Dolan Deso Boro, Kali Bawang, Kulon Progo. Desa dengan tempat wisata minat khusus dengan misi pelestarian lingkungan berdasarkan pada nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Melalui wisata di Dolan Deso Boro kamu akan diajak untuk menikmati indahnya nilai harmonisasi antar manusia, lingkungan dan alam. Terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo Yogyakarta, Desa wisata ini sangat mudah untuk dijangkau wisatawan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk sampai disana memang cukup jauh dari kota Yogyakarta, jika kamu tidak membawa kendaraan kamu dapat menggunakan Jasa Sewa mobil Jogja saat sudah sampai di Stasiun Yogyakarta. Sementara untuk rekomendasi tempat penyewaannya, kamu bisa coba menyewa di OMOcars Jogja. Omocars adalah jasa penyewaan mobil terpercaya di Jogja dengan memberikan fasilitas lepas kunci dan antar bandara bagi para customer yang ingin langsung diantarkan mobilnya ke lokasi.



Rute menuju Desa Wisata Dolan Deso Boro kamu dapat melewati jalan Godean menuju ke arah barat sekitar 16 Km. Terus menuju ke arah barat, setelah melewati jembatan panjang, berarti kamu sudah masuk ke wilayah Kabupaten Kulon Progo. Setelah jembatan Kali Progo, kamu akan menemukan perempatan lampu merah, ambil kanan sekitar 14 Km. setelah itu kamu akan lihat papan nama Desa Wisata Dolan Deso Boro. Ambil jalur ke kiri kira-kira 2 Km. Tadaaa! Kamu sudah masuk deh ke dalam wilayah Desa Wisata Boro.

Karena di sini kamu akan diajak untuk merasakan indahnya melestarikan lingkungan, budaya, serta kearifan lokal, maka di sini selain berwisata, kamu juga dapat ikut serta dalam mengembangkan budaya, dan juga melestarikan alam dan lingkungan. Dolan Deso Boro ini juga sangat luas, terdapat spot foto pendopo-pendopo kecil yang terletak di atas kolam. Pendopo seperti rumah panggung ini sangat cocok untuk kamu dan keluarga bersantai.

Di Dolan Deso Boro juga kamu akan diajak untuk menikmati Arum Jeram (Rafting) dengan menyusuri Sungai Elo atau Sungai Progo dengan menggunakan perahu karet yang pastinya akan meningkatkan jiwa petualangan dan keberanian kamu untuk mencoba olahraga arum jeram.

Olahraga ekstrim lainnya adalah kamu juga dapat mencoba Tubing River, yaitu arum jeram yang menggunakan ban dalam sebagai pelampungnya. Olahraga satu ini memang sangat menyenangkan dan cocok bagi kamu yang memiliki jiwa adrenalin tinggi.

Sumber gambar: dubiduuu.blogspot.co.id

Selain itu di Desa Dolan Boro Anda juga dapat menikmati pemandangan desa dengan Village Cycling, menjelajahi perbukitan dengan bersepeda bersama keluarga. Dan masih banyak venue lainnya yaitu Outbond dan Venue/Camping. Untuk Outbond (Dewasa), ada harga mahasiswa yaitu sehargaRp 60.000/orang dan Rp 100.000/corporate. Untuk corporate biayanya lebih mahal karena paket outbondnya memerlukan instruktur yang khusus, sesuai tujuan instansi atau perusahaan mengadakan outbond. Wisata outbond Dolan Deso Boro ini juga didukung dengan tersedianya dua buah rumah untuk menginap dengan kapasitas 40 sampai 120 orang ditambah fasilitas seperti tempat ibadah dan toilet sebanyak 18 buah.

Dolan Deso Boro memang bukan destinasi yang mewah, tujuannya memang sebagai wahana center for nature. Saat ini baru berdiri dua bangunan rumah gaya limas an dan satu bangunan joglo yang akan bertumbuh menjadi 24 unit rumah limas an nantinya. 2 rumah tersebut biasanya digunakan sebagai penginapan bagi wisatawan yang datang rombongan. Berbeda dengan konsep penginapan lainnya, sebagai center for nature, Dolan Deso Boro memiliki fasilitas penginapan yang sederhana, tanpa AC dan tidak ada televisi. Layaknya rumah di pedesaan. Karena Dolan Deso Boro memang terkonsep sederhana seperti Pedesaan pada umumnya.

Jadi apakah kamu tertarik untuk mengunungi Wisata Dolan Deso Boro? Cobalah untuk keluar dari kejenuhan sambil menikmati panorama desa yang asri, karena dengan berlibur, kamu dapat menyegarkan kembali pikiran kamu dan menghabiskan waktu bersama kerabat dan keluarga.


You May Also Like

0 comments