Life of A Joyful Mama

Wanita dan Dunia Maya

Nov 13, 2017
Pembahasan tentang wanita emang tidak ada henti-hentinya yaa.. Saya jadi inget suatu hadits yang bilang bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam pernah bersabda kalau tidak ada fitnah/ujian yang paling berat bagi laki-laki di bumi ini selain fitnah wanita.

Tidak berlebihan menurut saya, karena kenyataannya emang demikian kan? Laki-laki yang badannya lebih kuat dan perkasa bisa dibuat tunduk oleh seorang wanita. Enggak jarang kan kita dengar banyak pejabat yang akhirnya korupsi karena dorongan dari sang istri. Atau seorang laki-laki yang rela bunuh diri demi wanita. Bahkan banyak juga laki-laki yang akhirnya memilih keluar dari agama islam gara-gara wanita yang dicintainya.

Ckckck, dahsyatnya fitnah wanita ini bukan main ya!

Eh tulisan ini bukan maksud lhooo ya menuduh wanita itu sumber mala petaka. Sama sekali no! Karena yang nulis juga kan seorang wanita hihi. Saya cuman sekedar mengingatkan kembali, bahwa kita-kita ini (kaum wanita) harus sadar bahwa kita itu fitnah terbesar bagi kaum laki-laki. Sudah sewajarnya kan kita saling nasehat menasehati untuk selalu menjaga martabat dan harga diri. Jangan sampai kita-kita ini termasuk ke dalam kelompok wanita yang berpotensi membinasakan kaum pria. Na'udzubillah.

Source: Pixabay

Wanita dan Dunia Maya

Wanita itu perlu enggak sih aktif di dunia maya? Butuh enggak? Jawabannya mungkin tergantung ke individu masing-masing yaa..

Mau enggak mau, untuk tujuan bekerja atau bersosial maupun berusaha (jualan olshop misalnya) beberapa wanita emang butuh yang namanya berinteraksi di dunia maya. Setidaknya menurut pengalaman saya menjadi seorang blogger, memiliki akun sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram itu perlu banget. 

Namun kembali lagi ke apa yang sudah saya bahas sebelumnya yaitu wanita itu adalah fitnah terbesar di muka bumi ini. Bagi wanita yang sudah terlanjur "tidak bisa lepas" dari dunia maya karena kepentingan tertentu harus lebih ekstra berhati-hati dong ya! Kita sudah seharusnya mengetahui batasan-batasan yang harus kita jaga ketika berinteraksi di internet. Enggak cuman interaksi ke lawan jenis sih menurut saya, interaksi ke sesama wanita juga harus kita perhatikan.


Saya dan Dunia Blogging

Sebagai seorang blogger, banyak pengalaman berharga yang bisa saya dapatkan dan pelajari di dunia blogging. Misalnya ketika saya blogwalking ke blog lain, saya bisa mendapatkan kenalan baru. Contoh lainnya lagi, semenjak saya menjadi blogger saya bisa bergabung dengan beberapa komunitas yang isinya orang-orang keren dan tentunya dapat menambah silaturrahmi.  Belum lagi penghasilan yang ternyata bisa didapatkan dari sekedar menyalurkan hoby menulis. Seru banget kan?

Selain pengalaman menyenangkan, tentunya saya juga pernah mendapatkan pengalaman yang tidak mengenakkan. Misalnya ketika seorang laki-laki yang awalnya nanya ke saya terkait salah satu postingan yang saya buat di blog. Waktu itu dia kirim email yang isinya mau konsultasi lebih lanjut via whatsapp terkait apa yang dia alami. Saya waktu itu langsung percaya aja, toh juga buat nanya seputar postingan saya kan. Awalnya enggak aneh-aneh sih, murni mau menanyakan tips-tips biar cepat bisa berenang (Baca Juga: My First Swimming Experience). Tapi kok akhirnya jadi ilfeel, ketika saya balesnya agak lama terus dia kayak enggak sabaran. Terus pertanyaan-pertanyaannya enggak pernah selesai, tiep hari ada aja yang ditanyain. Sampai akhirnya saya benar-benar enggak nyaman ketika dia nanyain kabar, yang menurut saya itu sudah diluar konteks sebelumnya. Semenjak itu saya langsung cuekin aja!

Nah kan? Kembali lagi, wanita itu fitnah! Fitnah! Ujian bagi kaum laki-laki!. Kadang serba salah juga, cuman niat berbuat baik, mereka (kaum laki-laki) malah menganggap lebih dari itu -_- 

Aduh sebenarnya pengen banget nulis yang lebih dari ini. Tapi kayaknya saya sambung lain kali aja kalau ada momen yang tepat. Karena mau ngejar deadline yang lain, jadi tulisan ini saya cukupkan sampai di sini aja deh :D Kebetulan tulisan ini saya buat untuk diikutsertakan dalam Postingan Tematik Blogger Muslimah Indonesia

Kalau kalian? Pernah enggak sih ngalamin hal yang kurang mengenakkan ketika berinteraksi di dunia maya khususnya blogging? Kalau ada, share di kolom komentar yuk!

***
#PostinganTematik #BloggerMuslimahIndonesia


32 comments on "Wanita dan Dunia Maya"
  1. hehe sama mbak, pernah tuh ada yg nanya seputar adsense gitu, tapi lama-lama chatnya gitu + minta cp ya akhirnya ga dikasih. dan sempet aktif di salah satu grup blogger yg isinya kebanyakan lawan jenis, sampe komentar di blog kebanyakan lawan jenis dan dibilang negatif sama yg deket. padahal mah niatnya mau bw aja ya :')

    btw salam kenal yaa mbak dari Aulia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata sama yaa. Emang kita kadang serba salah, jadi harus hati hati dalam berinteraksi di dunia maya ini. Hehe salam kenal kembali mba :)

      Delete
  2. lagi-lagi diingetin untuk jaga diri sebagai muslimah. thanks mba... setuju wanita adalah fitnah maka kita sendiri yang musti tahu batasannya ya...

    ReplyDelete
  3. Kalo di dunia perblogging-an, saya belum pernah 'digodain' seperti itu sih, Mbak. Ada mas-mas cuma sekedar izin menjadikan salah satu tulisan saya sebagai referensi. It's okay.
    Tapi klo di dunia WA, waaah... Harus bener2 bisa tegas dan jaga diri. Biasanya yang suka offside itu di grup alumni -_-

    ReplyDelete
  4. Saya belum pernah inshaAllah san mudah-mudahan ga ada untuk dunia perbloggingan digodain. Tapi sosmed udah pernah.
    Didiemin aja, kabur sendiri..
    :D

    ReplyDelete
  5. Sering Mbak, biasanya karena gak sejalan dengan yang saya tulis, padahal perasaan nulisnya udah diperhalus n gak memaksakan kehendak, tapi tetep aja dianggap berlebihan.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mbak sudah mengingatkan supaya lebih berhati2, sy memang membatasi sampai nggak berani posting foto2, baik pribadi atau keluarga, cukup foto profil itu pun saya samakan semua supaya mudah dikenal saja...jujur saya takut, bukannya sok cantik gitu hiks..semoga dijaga insya Allah...

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak, wanita memang fitnah terbesar bagi laki2 baik di dumay mau pun di dunya makanya kita kudu hati2 ya mbak. Saya juga pernah ngalami kayak gitu tp dulu sih waktu masih suka eksis dan pajang ft di maya banyak yg ajak chat (ya ternyata foto yg kita pajang jg bs mengundang fitnah). Semestinya emang klu ada laki2 asing yg ajak chat nggak prlu ditanggapi sih. Bukan apa2 sih cuma biar kita bisa lebih berwaspada saja 😊

    ReplyDelete
  8. Pernah Mbaaaa...dirayu laki-laki lewat chat...hihihi...langsung saja ku blokir.

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sudah mengingatkan untuk selalu menjaga diri agar terhindar dari fitnah, terutama di sosial media..:)

    Solusi dijapri lawan jenis, didiemin..kalau tetep ngeyel unfriend..atau blokir ! :D

    ReplyDelete
  10. Pernah, dan rasanya sangat sakit. :'D

    ReplyDelete
  11. Terima kasih pengingatnya mbak, bahwa wanita bisa menjadi fitnah terbesar.
    Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya dan selalu berusaha menjaga diri termasuk dalam memposting apa pun di media mana pun.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  12. salam kenal mbak... waah, saya jadi ngeri dengan ceritanya yang setiap hari ditanya sama orang yang ngga tau siapa.. lebih waspada..

    ReplyDelete
  13. sebagai wanita memang kita harus menjaga lisan dan tulisan agar tidak menimbulkan fitnah

    ReplyDelete
  14. Kalau di blog belum pernah sih dapat pertanyaan yang aneh. palingan yang nyepam jualan obat itu, sebel banget jadinya aku moderasi komentarnya :D malah pernah dapat chat ga ngenakin curhat ga jelas yang menjurus pornografi dari cewek. serem!

    Oia, terkait wanita pembawa fitnah, semoga kita diauhkan dari hal itu, semoga menjadi muslimah yang membawa ke surga. aamiin..

    ReplyDelete
  15. Walaaaah modus banget itu yg wa, nanya kok gak selesai2. Lebih ati2 lagi...kalau hubungan sama lawan jenis dluar konteks gak saya ladeni. Kalau ngasih job, hayuk ajah. Hihi

    ReplyDelete
  16. serasa diingetin kembali sebagai seorang muslimah, dan harus menjada diri juga.

    ReplyDelete
  17. Kalau pengalaman di dunia blogging selama ini.aman aman saja mbak, Alhamdulillah. Di sosial media kalo ada yg mulai modus langsung sy cuekkin aja hehe.. tfs ya mbak

    ReplyDelete
  18. Ada pengalaman yg hampir mirip mba saat itu ada ikhwan yg ngajakin taaruf gara2 suka baca blog saya. Duh... Padahal yg sy tulis jg seputar muslimah dan pengalaman2 aja. Hehe

    ReplyDelete
  19. Wanita harus hati-hati di setiap tingkah laku nya ya mba. Karna punya dua sisi. .. terimakasih artikelnya mba ^^

    ReplyDelete
  20. Lebih parah lagi, ada juga Mbak, lelaki yang menyamar jadi perempuan dengan tujuan lebih mudah mendekati (karena terkesan lebih tepercaya) perempuan di dunia maya, biasanya yang punya kelainan begitu. Sereemmm....

    ReplyDelete
  21. Ih, ngeri juga kalau ada yang sampai segitunya ya, untung aku belum pernah.

    ReplyDelete
  22. sejauh ini blogging selalu menyenangkan buat saya. Ada saya hal yang baik yg saya terima, mungkin hal yg tidak mengenakan sudah saya lupakan, hehehee.

    ReplyDelete
  23. Pernah mbak. Ga di blog sih, tapi di sosmed

    ReplyDelete
  24. Serem banget memang ya peluang discam gitu. Padahal niat kita udah baik aja mau sharing melalui tulisan tapi orang jahat tetap berkeliaran. Hiks

    ReplyDelete
  25. Untuk komen di blog saya moderasi mbak. Karena kadang ada yang komen aneh-aneh

    ReplyDelete
  26. saya jg punya pengalaman, ada cowok yg komen di blog, " Mbak, cantik banget sih, mau nggak jadi selingkuhan saya?"
    Astaghfirullah, kenal enggak, tulisan saya juga isinya biasa aja. langsung hapus

    ReplyDelete
  27. terimakasih mbak,,tulisannya bisa menjadi pengingat diri..

    salam kenal mbak

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah so far pengalaman blogging masih yang nyenengin sih.. belum pernah ketemu yang bikin ilfil. Anyway, memang jadi Muslimah itu tantangannya bejibun ya. Kudu tangguh menjaga diri :)

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah sejauh ini nggak sih mbaki..yang nggak bikin nyaman paling kalau punya temen dunia maya yang isi statusnya cuma ngeluh doang tiap harinya...bikin ikutan sebel terus kalau udah nggak betah ya udah di un-friend aja hehehe...

    Salam kenal,

    Meykke Santoso

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah belum pernah sih. Dan jangan sampai. Eh, tapi dulu banget, waktu blog jadi wadah curhat saya sang ABG labil, saya sampai cekcok sama keluarga karena ada yang merasa dijelekkan. Yah, saya juga salah sih nulis di jam galau jadi terlalu jujur. Tapi yang sakit hati juga salah, kenapa pede sekali kalau saya nulis tentang dia? :)) Sebagai yang muda, saya ngalah aja.

    ReplyDelete
  31. Judulnya mbakkkkk... zaman now banget ya. Tiada hari tanpa dumay lah pokoknya :))

    ReplyDelete

Auto Post Signature