Life of A Joyful Mama

Kacang Tanah Ternyata Ampuh Mempercepat Produksi ASI

Feb 19, 2017

sumber: pixabay
Ketika saya hamil, menyambut kehadiran anak pertama tentu saya  merasa sangat bahagia sekaligus deg-degan. Selain belum memiliki pengalaman mengurus bayi sebelumnya, informasi penting terkait hal-hal yang nanti muncul pasca melahirkan juga masih minim saya peroleh. 

Walaupun sebenarnya saya sudah sering browsing info-info penting sebelum dan setelah melahirkan, dan juga bertanya ke kerabat dan teman yang telah berpengalaman, tetap saja saya merasa masih kekurangan informasi. Termasuk mengenai  ASI ini.


Sebenarnya kata bidan, bayi yang baru lahir mampu bertahan sampai dua hari tanpa langsung mengkonsumsi ASI. Namun waktu itu saya otomatis panik dong ketika memasuki hari ketiga ASI saya belum juga keluar. Akhirnya terpaksa di hari ketiga saya harus memberikan anak saya susu formula.

Syukurnya si dede minum sufor nya cuman satu botol kecil, karena menjelang siang ASI saya Alhamdulillah keluar, sampai banjir (haha lebay). Eh tapi beneran lho bund, deres banget keluarnya, sampai baju pun basah kayak abis main hujan hihiii.

Sebelumnya, ketika menjelang dan setelah persalinan saya sudah mengkonsumsi semua jenis sayuran yang katanya mampu memperlancar keluarnya ASI. Mulai dari daun kelor hingga daun katuk. Namun ternyata, diantara semua jenis makanan yang saya konsumsi, yang terbukti paling ampuh berdasarkan pengalaman saya adalah kacang tanah.

Yaa, setelah memasuki hari kedua usia si dede dan ASI saya tidak kunjung keluar, ada tetangga nyaranin buat makan kacang tanah dengan cara di sangrai (digoreng tanpa minyak). Tanpa pikir panjang, saya pun langsung mengkonsumsi kacang tanah dengan porsi yang lumayan banyak. Saya jadikan camilan pagi siang sore dan malam. 

Alhasil, besok siangnya (di hari ketiga) Alhamdulillah ASI keluar dengan lancar jaya, yeay!
Walaupun si dede sempat mengkonsumsi sufor sih ujung-ujungnya. Tapi syukurnya cuman satu botol kecil ukuran 100ml, jadinya belum kecanduan -,-

Nah, itu dia pengalaman saya bund.. Bagi bunda yang sedang bingung ASI-nya enggak keluar keluar, bisa dicoba makan kacang tanah ya bund. Jangan lupa sebelum disangrai, kacangnya dicuci dulu ;)

Alright, sekian sharing pengalaman dari saya. Mungkin bunda ada yang punya pengalaman lain? Boleh di share di kolom komentar yaaa..

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature