Life of A Joyful Mama

Image Slider

Halo, I am Baiq Rosmala Dewi, a mom-blogger who lives in Lombok Island.
Read More About Me →

Resep Masak Sambel Goreng Tahu Plus Krecek

Dec 21, 2017


Sambel goreng tahu plus krecek adalah makanan pelengkap yang biasanya disajikan bersama gudeg khas jogja dan atau nasi liwet khas solo. Cita rasa pedas dan gurih yang dihasilkan oleh sambel goreng tahu plus krecek ini menambah kelezatan makanan hidangan utama tersebut. Jika anda memasak gudeg jogja atau nasi liwet sudah seharusnya anda juga memasak sambel goreng tahu plus krecek ini.Adapun resep masak sambel goreng tahu plus krecek adalah sebagai berikut:

Jika kebetulan anda belum tahu bagaimana proses pembuatan dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan, tak perlu kawatir. Mari kita belajar memasak untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Syaratnya anda harsu menyiapkan beberapa bahan dan bumbu di bawah ini.

Bahan yang diperlukan:
· 300 gram tahu putih sekitar 5 buah tahu putih (potong bentuk dadu)
· 75 gram krecek/rambak
· 1 bungkus Sasa Santan Kelapa
· Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng.

Bumbu yang harus anda haluskan:
· 3 buah bawang putih
· 7 buah bawang merah
· 5 buah cabai merah keriting besar
· 4 butir kemir (disangrai dulu)
· ½ sendok teh terasi yang telah digoreng

Bumbu pelengkap yang harus disiapkan:
· 2 lembar daun salam
· 5 buah cabai rawit utuh/ jumlah sesuai selera
· 2 ruas Lengkuas seukuran ruas jari kelingking
· 1 buah tomat (potong dengan ukuran sesuai selera)
· Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
· 1 sendok teh gula merah yang sudah disisir.
· 2 sendok teh larutan asam jawa (terbuat dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)

Cara membuat sambel goreng tahu plus krecek adalah :

1. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng untuk menggoreng tahu.
2. Masukkan tahu dan goreng sambil dibolak-balik sampai berkulit cokelat, angkat, tiriskan, sisihkan dahulu.
3. Sekarang ganti panaskan kembali miyak goreng untuk menumis bumbu.
4. Tumis bumbu halus tadi hingga beraroma wangi.
5. Selain itu mulai tambahkan daun salam, lengkuas, dan tomat secara bergantian. Lanjutkan menumis sampai bahan-bahan tadi layu dan aroma harum tercium kembali.
6. Tuangkan Sasa Santan Kelapa seluruhnya dan masukkan juga krecek lanjut dimasak sambil diaduk –aduk hingga santan mendidih, setelahnya kecilkan api kompornya. Hal ini untuk menjaga kualitas santan tetap baik untuk kesehatan. Perlu anda ketahui bahwa santan sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja terkadang kita salah dalam memasaknya sehingga jadi tidak baik.
7. Selanjutnya masukkan semua bahan dan bumbu-bumbu yang belum digunakan, aduk hingga kuah mengental, dan matikan api kompornya.
8. Setelah matang, berarti siap disajikan sebagai menu pelengkap misalnya pada gudeg jogja atau nasi liwet solo. 

Sekarang rasakan bagaimana Sambel goreng tahu plus krecek buatan anda, enak bukan? 


Sekadar informasi saja ya, mengapa resep di atas menggunakan Sasa Santan Kelapa. Kok bukan santan perasan dari kelapa langsung saja? sebab Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas yang sama dengan santan perasan langsung. Ia sudah matang dan siap pakaisehingga kita tidak perlu repot untuk mengolahnya. Juga Sasa santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas, jadi kita tidak akan kehilangan kualitas masakan yang kita buat hanya karena menggunakan santan instan. Beda cerita bila kita menggunakan merek lain. selain itu Sasa Santan kelapa juga cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman karena tanpa pengawet. Sepanjang pengalaman saya memasak, Sasa Santan Kelapa adalah pilihan terbaik untuk santan.

Makanya buibu juga kalau berkreasi masakan yang bersantan, jangan lupa pakai Sasa Santan Kelapa yaa. Sasa Santan, Aslinya Santan.


Ada Tempra dibalik Cerita Menyusui dan Hamil Muda

Dec 10, 2017


Jika teman-teman sebelumnya sudah pernah membaca postingan saya yang berjudul Hamil Sekaligus Menyusui, Amankah? maka teman-teman tentunya sudah mengetahui kalau sekarang saya lagi hamil anak kedua di saat anak pertama saya masih bayi. Saya tahu diri saya hamil kedua di saat anak saya yang pertama (Yusuf) menginjak umur delapan bulan. Sekarang Yusuf sudah memasuki usia satu tahun, alhamdulillah.

Begini Cara Facial Sendiri di Rumah, Ternyata Mudah!

Dec 6, 2017

Hi good people! Kali ini nyonyabaiq mau membahas tentang perawatan wajah ah ;)
Jadi ceritanya kemarin (05-12-17) saya berkesempatan bertemu kembali dengan bunda-bunda cantik dan hebat. Iya, kami ketemu lagi alhamdulillah. Sebenarnya kami ketemuannya sekali seminggu sih, kayak perkumpulan emak-emak jaman now gitu, kumpul-kumpul belajar ngaji hehe. Kalau bahasa arabnya sih pertemuan itu artinya "liqo", kalau bahasa inggrisnya "gathering" kali yaa...

Nah, salah satu anggota dalam liqo kami kebetulan ibu muda yang punya usaha salon dan spa. Namanya Bunda Aya, owner Malika Salon and Spa di daerah Bertais - Mataram. Well, kami kan ceritanya emak-emak jaman now yang juga pengen terlihat cantik di depan suami nih, akhirnya kepikiran buat "mencuri" ilmu dari Bunda Aya. Syukurnya beliau orangnya baik hati dan bersedia sharing ilmu.

5 Alasan Emak-emak Jaman Now Harus Datang ke Lombok

Dec 4, 2017


Halo maaaksss, udah masuk bulan Desember nih! Bentar lagi pergantian tahun! Sudah merencanakan liburan belum sama keluarga? Kira-kira rencana liburan akhir tahun yang paling asyik apa ya mak?.. Hmm kayaknya masing-masing orang beda-beda yaa jawabannya. Yang jelas, liburan atau enggak, yang penting kebersamaan kita dengan keluarga dan orang-orang tercinta tetap terjaga :)

Cara Cermat untuk Berhemat Belanja Fashion Wanita di Bukalapak

Dec 1, 2017

image by pixabay
Fashion dan wanita adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Wanita memiliki keinginan agar bisa tampil lebih menarik dari waktu ke waktu. Hal ini diwujudkan dalam koleksi fashion yang dimiliki agar selalu bertambah sesuai dengan perkembangan jaman dan trend fashion yang terjadi. Namun meski produk fashion selalu dibutuhkan dan dinantikan, wanita juga memiliki batas budget tersendiri yang disesuaikan dengan penghasilannya. Fashion murah namun berkualitas menjadi solusi yang banyak dicari untuk tetap bisa tampil menarik namun dengan harga yang hemat sehingga tak menguras kantong. Untuk solusi tersebut, Anda bisa belanja fashion wanita di Bukalapak yang terkenal sebagai situs belanja online terpercaya.

Wanita dan Dunia Maya

Nov 13, 2017
Pembahasan tentang wanita emang tidak ada henti-hentinya yaa.. Saya jadi inget suatu hadits yang bilang bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam pernah bersabda kalau tidak ada fitnah/ujian yang paling berat bagi laki-laki di bumi ini selain fitnah wanita.

Tidak berlebihan menurut saya, karena kenyataannya emang demikian kan? Laki-laki yang badannya lebih kuat dan perkasa bisa dibuat tunduk oleh seorang wanita. Enggak jarang kan kita dengar banyak pejabat yang akhirnya korupsi karena dorongan dari sang istri. Atau seorang laki-laki yang rela bunuh diri demi wanita. Bahkan banyak juga laki-laki yang akhirnya memilih keluar dari agama islam gara-gara wanita yang dicintainya.

Ckckck, dahsyatnya fitnah wanita ini bukan main ya!

Suka Duka Menjadi Mom Blogger

Nov 10, 2017
picture: pixabay

Suka Duka Menjadi Mom Blogger. Aih, judulnyaa… ngomongin suka duka menjadi momblogger. Emang blogger itu apa? Kalau semua orang yang suka nulis di blog disebut blogger, mungkin saya termasuk salah satunya. Tapi kalau blogger itu diartikan sebagai orang yang paham tentang dunia blogging secara keseluruhan, sudah pasti saya bukan termasuk hihi. Karena saya ini baru pendatang baru alias newbie.

Nah, berarti kita sepakat aja deh ya, kalau blogger itu orang yang suka nulis di blog. Kalau Momblogger? Berarti emak-emak yang suka nge-blog dong yaa (duh, saya ini sudah jadi emak-emak). Oke, karena judul tulisannya tentang suka duka menjadi momblogger, postingan kali ini isinya lumayan panjang dibandingkan postingan-postingan sebelumnya. Karena postingan ini murni isinya curhat *eh. Emak-emak emang harus sering-sering curhat kan?? :D

5 Tips Mempersiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Nov 4, 2017
source: pixabay

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir. Sebelumnya saya ucapkan selamat yaa bagi para (calon) bunda yang sedang membaca artikel ini. Pasti deg-degan yaa memersiapkan perlengkapan si debay karena sebentar lagi ia akan lahir ke dunia. Wajar kok, apalagi jika si debay adalah bakal anak pertama. 

Saya, walaupun ini adalah kehamilan saya yang kedua, masih juga merasa khawatir dalam mempersiapkan kelahiran nanti. Padahal lahirannya masih sekitar 5 bulan lagi hihi. Sebenarnya beberapa pakaian dan perlengkapan bayi peninggalan dari anak pertama masih ada dan masih terawat. Tapi namanya wanita yaa, kadang masih aja merasa deg-degan.

Nah, apalagi bagi calon bunda yang akan melahirkan anak pertamanya. Dulu ketika saya hamil anak pertama, mempersiapkan pakaian dan perlengkapan bayi baru lahir adalah moment yang paling rempong dan sangat menyita waktu. Alasan utamanya sih lebih kepada karena belum memiliki gambaran bagaimana cara mengurus dan menghandle bayi baru lahir.

Becermin dari pengalaman melahirkan anak pertama saya, kali ini saya mau berbagi tips nih tentang bagaimana mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir agar tidak perlu khawatir lagi. Postingan ini sekaligus saya buat untuk sebagai reminder sih buat saya karena tak lama lagi akan melahirkan anak kedua. 

Tips memersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ala saya ini akan saya rangkum berdasarkan pengamatan saya terhadap kebiasaan umum/perilaku bayi baru lahir yang saya ketahui, semoga bermanfaat yaa!

1. Bayi itu Cepat Besar

Fakta yang pertama menurut pengamatan saya adalah bayi itu cepat banget besarnya bunda! Jadi sebenarnya tidak perlu mempersiapkan pakaian bayi yang terlalu banyak. Persiapkan juga pakaian yang ukurannya lebih besar. Terlebih karena kita belum tahu anak kita nanti lahirnya dengan berat badan berapa kilo. Kalau bayinya lumayan besar, sudah pasti pakaian bayinya akan cepat tidak terpakai lagi. 
 

2. Bayi Baru Lahir Lebih Banyak Tidur

Bayi yang baru lahir itu akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebisa mungkin bunda menyediakan pakaian yang nyaman untuk tidurnya. Misalnya bahan pakaian yang harus lembut dan tidak panas. Selain itu hindari memakaikan aksesoris yang berlebihan karena akan menghalangi ruang geraknya ketika tidur. Oiya, pastikan juga kerah bajunya yang longgar aja yaa. Intinya sih baju bayi baru lahir itu harus senyaman mungkin, hangat dan longgar.

3. Kulit Bayi itu Sensitif

Kulit bayi yang baru lahir itu sensitif sekali. Jadi pastikan bunda harus memerhatikan bahan pakaian yang digunakan. Usahakan sih yang bahannya dari katun atau wol saja. Selain itu, penggunaan diapers pada bayi baru lahir juga diperhatikan kualitas dan bahan diapersnya. Jangan sampai karena niat menghemat biaya, kita tidak memperhatikan kualitas perlengkapan bayi dikarenakan harganya yang lebih mahal dibandingkan produk regulernya. Kalau menurut saya, khususnya masalah diapers untuk bayi baru lahir, boleh lah pakai yang kualitas premium :) 

4. Tangan dan Kakinya Lebih Sering Menekuk

Ternyata tubuh bayi baru lahir itu sangat ringkih, alias (pakai bahasa saya sendiri) masih kaku. Jadi nih ya, kalau bayi ditaruh di posisi terlentang, badannya memang tidak lurus dan itu normal. Selain itu, tubuhnya lebih banyak gerak seperti kaki yang menendang-nendang dan tangan yang suka ditekuk. Nah, menurut pengalaman saya sebaiknya dihindari membeli kain bedong yang terlalu banyak. Memakaikan bedong itu sebenarnya untuk menjaga agar bayi tetap dalam keadaan hangat, dengan kata lain tidak perlu dipakai 24 jam! Jadi sesekali bedongnya dibuka ya bund, agar si bayi dapat bergerak leluasa dan bisa merangsang saraf sensorik dan motoriknya juga! ;)

5. Masih Rentan terhadap Kondisi Sekitar

Yang terakhir, bayi yang baru lahir itu masih sangat sangat rentan terhadap kondisi sekitar. Bayi akan rentan terkena penyakit karena sistem imunnya yang masih belum sempurna. Oleh karena itu, selain mempersiapkan pakaian, peralatan mandi dan peralatan tidur, siapkan juga peralatan kesehatannya. Minimal harus punya termometer, kassa, betadine dan minyak telon. 

Oke, sekarang minimal sudah ada gambaran kan yaa tentang kondisi bayi baru lahir dan perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan. Setidaknya, ketika menjelang lahiran nanti sudah tidak panik lagi dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Oiya kalau pengalaman saya, baik itu mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ketika anak pertama maupun anak kedua, yang menjadi permasalahan utama adalah budget. Mempersiapkan perlengkapan anak pertama dulu saya langsung pergi belanja ke toko. Keliling kesana kemari mencari semua yang dibutuhkan. Kalau tidak ada di toko A, saya akhirnya harus mencari ke toko B sampai toko C. Semua membutuhkan waktu yang tidak sedikit, terlebih karena hamil besar, nyeri di bagian bawah perut kerasa banget deh, apalagi kalau boncengan naik motor.

Nah, belajar dari pengalaman sebelumnya, kali ini saya memutuskan untuk membeli pakaian dan perlengkapan bayi secara online saja. Selain dapat menghemat waktu, ternyata juga dapat menghemat biaya. Apalagi di bulan November ini banyak e-commerce atau market place yang menawarkan promo menarik menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tanggal 11 November nanti.

Penawaran yang paling menarik bagi saya adalah promo Blibli Histeria dari blibli.com! Karena kalau belanja dari sekarang, kita bisa berkesempatan memenangkan hadiah grand prize liburan ke Jepang! WOW


Yuk lansung belanja di blibli.com! Ada banyak keuntungan yang dapat kita peroleh jika belanja mulai tanggal 6-11 November 2017 diantaranya:
1. Promo Cashback 100% setiap hari dari tanggal 6-11 November 2017! (Wah!)
2. Best Deals, beberapa produk bisa dibeli dengan harga 11 ribu saja!
3. Ekstra Diskon untuk semua produk!
4. Gratis liburan tujuan domestik tiap hari dan pemenang boleh ajak teman!
5. Grand prize gratis ke Jepang!!!

Wew, keren banget enggak sih Promo 1111 dari blibli.com ini?! Yuk ah, langsung aja bunda belanja di blibli.com! :)

Thank you for reading ^^


Melirik Pesona Sekolah Islam Terpadu

Oct 10, 2017
source: pexels.com

Banyak orang tua yang kini semakin sadar akan pentingnya pendidikan karakter bagi anak-anak mereka disamping pengetahuan/teori yang diperoleh dari sekolah umum. Sekolah Islam Terpadu menurut saya sudah menjadi tren yang kini berkembang pesat, setidaknya di Mataram NTB. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari portal berita Republika bahwa jumlah Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang ada di NTB setidaknya ada 90 sekolah dengan berbagai tingkatan mulai dari Paud hingga SMA.

Angka yang lumayan banyak menurut saya, dan menunjukkan bahwa antusias masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya di SIT sudah lumayan tinggi. Alasan utamanya, masih menurut saya pribadi, adalah dikarenakan kesibukan orang tua bekerja dan ditambah lagi kekhawatiran akan pergaulan anak jaman sekarang. Sehingga para orang tua akan merasa lebih tenang jika anak-anak mereka disekolahkan di SIT, dimana penerapan pendidikan berkarakter islami sangat dijunjung tinggi. 

Sebenarnya mata pelajaran yang diperoleh oleh para siswa di sekolah islam terpadu sudah dipastikan sama dengan materi pelajaran yang ada di sekolah umum, karena sama-sama terdaftar dan diawasi oleh Dinas Pendidikan. Hanya saja di sekolah islam terpadu ada beberapa tambahan pengetahuan dan nilai-nilai islami yang ditekankan untuk diketahui dan dipraktekkan oleh para siswa. Sehingga ada target pencapaian tersendiri seperti minimal harus hafal ayat al-Qur'an sekian juz, harus paham beberapa penggalan hadits arba'in, dan sebagainya.

Kira-kira apa lagi "pesona" dari sekolah islam terpadu sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi para orang tua? Setidaknya ada beberapa fakta yang berhasil saya rangkum berdasarkan pengamatan saya di salah satu SD IT yang berada di Kota Mataram.

Pengalaman Memutihkan dan Menghilangkan Bau Ketiak dengan Tawas

Oct 5, 2017
Hmmm sebenarnya saya agak gimanaaa gitu yaa ketika nulis postingan ini. Hihi jadi ketahuan deh kalau keteknya bau dan item LOL

Hei, tapi itu dulu lhoo ya! Karena saya senang berbagi pengalaman, enggak apa apa deh saya malu sedikit. Semoga ada yang mengambil manfaat dari postingan saya ini :D

Oke, jadi ceritanya dulu ketika lulus SMA saya sangat bermasalah dengan namanya bau ketiak. Jadi ya, hampir setiap saat ketiak saya itu berkeringat. Dulu pas SMA sih enggak terlalu bau, lebih ngerasa enggak nyaman aja karena keringatnya banyak. Dulu saya menyianyatinya dengan bedak tabur yang banyak tersedia di swalayan, yang khusus untuk badan.

Hamil Sekaligus Menyusui, Aman kah?


pixabay

Wah, yang nemu postingan ini karena sengaja browsing di internet, saya ucapkan selamat ya bunda atas kehamilannya!

Sebulan yang lalu ketika saya mengetahui diri saya hamil, adalah ketika tepat anak pertama saya menginjak umur 10 bulan. Wow, perasaannya gimana? Campur aduk, bahagia iya, tapi khawatir juga iya.

Khawatirnya lebih ke rasa kasian kepada anak pertama. Dia masih butuh banyak perhatian, kasih sayang. Sedangkan saya yang sedang hamil pasti mendapatkan kesulitan dalam memberikan perhatian yang maksimal.

Ibu-ibu yang sedang atau pernah ngalamin ini pasti tahu rasanya.

Wahai Bunda, Jangan Lupakan Perjuangan Fatima RA

Oct 3, 2017
pixabay
Menjalani kehidupan sebagai ibu muda dihitung dari 10 bulan yang lalu membuat saya banyak berfikir dan merenung, betapa beratnya perjuangan orang tua saya dulu. Dengan segala keterbatasan mereka berhasil membesarkan keempat anak mereka sehingga bisa sukses sampai sekarang.

Saya? Masih beruntung. Suami sudah memiliki rumah sebelum kami menikah sehingga tidak perlu pindah kesana kemari berganti-ganti rumah kontrakan. Kendaraan? Alhamdulillah motor masih bisa mengantarkan saya ke tempat tujuan sehingga tidak perlu berpanas-panasan naik angkot. Perlengkapan rumah tangga lainnya seperti mesin cuci, Alhamdulillah bisa terbeli dengan tunai tanpa khawatir memikirkan uang cicilan tiap bulannya. Kurang beruntung apa lagi saya?

Piknik Seru Ala Guru Baru

Sep 5, 2017

Duh duh, udah lama enggak posting apa-apa dan ternyata enggak cuman sarang laba-laba aja yang banyak menghiasi dinding-dinding blog ini, sarang semut pun juga ada di mana-mana! Hihhi

Memulai postingan yang baru di sela-sela sarang laba-laba ini saya mau bahas topik yang ringan-ringan aja yaa.

Oke, sesuai judul, mari kita PIKNIK!

Begini Cara Perempuan Sasak Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

Jun 28, 2017
source: pixabay
Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang kedatangannya sangat dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat begitu banyak hikmah dan maghfirah sehingga orang-orang ramai berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Tujuannya tak lain adalah untuk meraih pahala dan keberkahan.

Terbebas dari Anyang-anyangan Berkat Prive Uri-Cran

May 30, 2017

Teman-teman pernah dengar istilah anyang-anyangan? Well, aku juga sebenarnya belum tahu pasti apa istilah bahasa indonesia yang baku untuk anyang-anyangan ini. Sejauh yang aku tahu, anyang-anyang itu infeksi saluran kemih. Kalau orang-orang di daerah saya (Lombok) nyebut anyang-anyang ini dengan nama kenterek hehe.

Apa itu anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah kondisi di mana kita jadi sering ingin buang air kecil, tapi dengan volume yang lebih sedikit. Terkadang disertai dengan rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Pada kasus yang agak parah malah disertai darah. 

Serem enggak sih anyang-anyangan ini kalau udah sampai keluar darah? Ya pasti serem lah yaa. Apalagi setelah baca sana sini, ternyata wanita itu sangat sangat berisiko terkena infeksi saluran kemih. Kenapa? Karena posisi saluran kemih atau uretra pada wanita itu jaraknya berdekatan dengan saluran pembuangan air besar. Jadi, kemungkinan besar bakteri E-Coli yang terdapat pada saluran pembuangan air besar itu dapat menempel pada saluran kemih. Hal ini bisa terjadi ketika membasuh BAB dengan cara tidak benar.

Arah pembasuhan setelah BAB pada wanita seharusnya dilakukan dengan cara membasuh dari depan ke belakang. Agar bakteri e-coli tidak menempel pada saluran kemih. Selain itu, anyang-anyangan bisa juga disebabkan karena toilet yang tidak bersih/kotor, sering menahan buang air kecil, air yang dipakai untuk membasuh tidak bersih dan juga pakaian dalam yang tidak dijaga kebersihannya.


Pengalaman Menderita Anyang-anyangan

Wanita secara umum memiliki risiko terkena anyang-anyangan lebih tinggi daripada pria. Selain orang dewasa baik itu wanita maupun pria, anak-anak dan ibu hamil juga memiliki risiko terkena anyang-anyangan.

Pada kasus wanita hamil, semakin besar janin maka saluran kemih juga akan semakin tertekan. Hal ini dapat menyebabkan keinginan untuk buang air kecil semakin tinggi. Nah, untuk kasus anyang-anyangan pada anak-anak, dulu saya sangat sering mengalaminya.

Dulu ketika masih kecil, saya sering bermain-main bersama teman-teman, tidak kenal panas maupun hujan. Ketika asik bermain, ada kalanya saya ingin buang air kecil. Yaa... namanya anak-anak, kalau sudah keasikan bermain kadang suka ditahan-tahan dan tidak langsung ke toilet. Alhasil, saya sering mengalami anyang-anyangan.

Di daerah saya waktu itu memiliki kepercayaan, lebih ke mitos sih yaa.. anyang-anyangan diatasi dengan cara sederhana yaitu mengikat ibu jari kaki dengan sehelai sapu ijuk!-_-

Wah, padahal kalau saya baca hasil browsing tentang anyang-anyangan ini, kalau tidak segera diatasi bisa bahaya lho! Seharusnya jangan disepelekan penyakit anyang-anyangan!

Alhamdulillah sekarang penyebaran informasi sangat luas. Saya jadi bisa mengetahui bahaya anyang-anyangan dan cara menanganinya secara benar.

Atasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran


Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa anyang-anyangan ini lebih rentan terkena pada kaum wanita karena bakteri e-coli yang menempel pada saluran kemih yang berdekatan dengan saluran pembuangan air besar. Nah, seperti gambar di atas, buah cranberry ternyata telah teruji dapat mencegah penempelan bakteri e-coli lho! 

Buah cranberry mengandung Proantocyanidin yang dapat menangkap bakteri e-coli tersebut. Nah, masalahnya adalah sangat sulit menemukan buah cranberry di Indonesia. Kalau pun ada, harganya sudah pasti mahal! 

Alhamdulillah sekarang mah enggak perlu susah susah lagi. Ekstrak buah cranberry dapat ditemukan pada produk Prive Uri-Cran dari combiphar :)


Ini dia nih produk yang seharusnya saya tahu dari dulu. Prive Uri-Cran sudah dapat ditemukan di Kimia Farma, Guardian, Century dan apotik lainnya. Kandungan buah cranberry yang terdapat pada Uri-Cran ini telah terbukti efektif mencegah infeksi saluran kemih. Karena Proantocyanidin dalam buah cranberry dapat mencegah bakteri e-coli menempel pada dinding sel epitel saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing.

Produk Prive Uri-Cran ada yang berbentuk kapsul dan ada juga yang berbentuk bubuk yang dikemas dalam sachet. Karena saya kurang suka kapsul, maka saya mencoba produk yang kemasan sachet.  


Yang kemasan sachet diberi nama Prive Uri-Cran Plus karena selain mengandung ekstrak buah cranberry, juga mengandung beberapa bahan lain seperti yang tercantum pada gambar di atas. Sebenarnya, kalau dilihat dari kandungannya, tidak perlu menunggu anyang-anyangan dulu sih baru konsumsi Uri-Cran. Kandungan cranberry plus vitamin C dan probiotik pada Uri-Cran Plus bisa banget dijadikan suplemen makanan yang dikonsumsi setiap hari :)


Nah, ini dia kemasan sachet Prive Uri-Cran ^^
Warna bubuknya ungu muda dan kalau diseduh air jadi kayak warna pink buble gum gitu. Rasanya manis! Enak lah pokoknya ;)

Kalian juga sangat saya rekomendasikan untuk mengkonsumsi produk Prive Uri-Cran ini. Baca juga yaa bahaya anyang-anyangan dan tips kesehatan lainnya di web Uri-Cran :)






Resep Kolak Biji Salak Ubi Madu

Apr 26, 2017
source: vemale.com
Kolak biji salak, pasti udah enggak asing lagi dong yaa di telinga ibu-ibu yang doyan masak. Atau ada yang baru denger kolak biji salak? Well, walaupun namanya biji salak, bahan bakunya bukan biji salak beneran kok! -,-

Anyway, setelah sekian lama blog ini ditinggal karena kesibukan sebagai mamah muda (hihihi).. Akhirnyaaa kesampaian juga ngedraft dan nulis postingan ini. Kebetulan kemarin pas banget bisa kumpul sama ibu-ibu (yang berasa) muda juga, agendanya sengaja dibuat khusus untuk belajar memasak kue sederhana. Hitung-hitung nambah resep baru untuk bikin ta'jil nanti di bulan Ramadhan yang akan segera datang (Ya Allah sampaikanlah umur kami pada bulan Ramadhan, amiiiin).

Alright, sesuai judul. Kali ini saya mau berbagi resep kolak biji salak ubi madu. Jadi udah kebayang dong ya bahan utamannya adalah ubi madu. Sebenarnya bisa juga pakai ubi biasa ataupun ubi ungu, tapi ubi madu ini cenderung lebih lembut dan rasanya lebih manis.

Yuk ah buibu langsung aja... bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:
1. Ubi madu
2. Tepung kanji (takarannya 1:1 dengan ubi)
3. Gula merah/ gula jawa
4. Santan kental
5. Gula pasir secukupnya
6. Air putih
7. Garam (seujung kuku)
8. Daun pandan 2 lembar

Langkah awal yaitu membuat biji salak:
1. Kupas ubi, cuci dengan air sampai bersih
2. Rebus air sampai mendidih
3. Masukkan ubi ke dalam air yang mendidih tadi dan tunggu sampai matang, tiriskan (atau bisa juga dengan dikukus)
4. Siapkan mangkok, campur ubi yang sudah dimasak tadi dengan tepung kanji, lalu diuleni sampai kalis
5. Ambil sedikit adonan (ukuran setengah sendok) lalu dibuat bulat-bulat
6. Masak air sampai mendidih kemudian masukkan biji salak yang sudah dibuat tadi
7. Tunggu sampai mengambang lalu angkat dan tiriskan.

Selanjutnya adalah membuat kuah santan dan gula merah. Langkah-langkahnya:
1. Siapkan santan yang kental: bisa dengan cara mem-blender kelapa yang dipotong kecil-kecil, lalu disaring. Atau bagi yang tidak mau repot bisa juga menggunakan santan instan siap saji yang banyak dijual di toko-toko)
2. Masukkan gula merah ke dalam santan, tambahkan daun pandan dan garam sedikit saja (seujung kuku) kemudian masak sampai mendidih
3. Jangan lupa sambil diaduk pelan pelan dan terus menerus agar santan tidak pecah

Siapkan mangkok, masukkan biji salak dan tuang kuahnya. Tadaaaa! Kolak biki salak ubi siap dinikmati :)

Alhamdulillah kemarin saya ngumpulnya sama ibu ibu yang doyan makan. Jadi kolaknya keburu abis duluan dan enggak sempat kefoto pemirsaah :D

Tapi untung saja ada sebagian foto-foto yang sempat tercapture ketika proses memasaknya :)

ubi, direbus dengan air mendidih

adonan ubi dan tepung kanji, diuleni sampai lembut

adonan dibulatkan

kelapa yang sudah dipotong kecil kecil, diblender, kemudian saring

kuah santan + gula merah + pandan (harus diaduk perlahan sampai mendidih agar tidak pecah)


Itulah resep cara membuat kolak biji salak ubi madu. Selamat mencobaa ^^


New Mama VS Blogging

Mar 2, 2017
source: pixabay

Ngeblog bagi saya adalah sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Karena dari masa kuliah dulu saya emang sudah terbiasa bercerita pengalaman dan pemikiran saya dalam bentuk tulisan. 

Yaps, saya lebih nyaman bercerita dalam bentuk tulisan daripada harus curcol dan ngerumpi bareng teman di pojokan kamar.

Setelah kuliah, seperti kebanyakan freshgraduate lainnya, alhamdulillah saya (pernah) bekerja kantoran. Jobdesk yang saya terima pun nggak jauh jauh dari kerjaan mengetik depan komputer. Sehingga saya pun dengan sangat mudah mencintai pekerjaan saya, karena saya mengerjakan sesuatu yang saya cintai.

Tapi itu dulu...

Yaa, saya yang sekarang memutuskan untuk menjadi full time mother setelah sebelumnya terbiasa ngantor dan kerja depan komputer tentu seringkali merasa bosan dan risih sendiri kalau sehari saja jari jemari ini nggak menari di atas keyboard (duuh bahasanyaa -,-).

Itulah mengapa setelah menikah, saya yang memutuskan untuk menjadi IRT ini akhirnya mulai belajar dunia blogging. Mulai tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang dunia blog dan embel embelnya, semata mata agar hobi bercerita melalui tulisan enggak punah begitu saja.

Bukan berarti saya tidak mencintai pekerjaan saya yang sekarang lhoo ya.. Menjadi ibu rumah tangga itu bagi saya sangatlah menantang. Karena kerjaannya ternyata nggak cuman satu. 

Para IRT yang tidak memiliki asisten rumah tangga pasti tahu banget deh rasanya. Mulai dari bangun tidur hingga mau tidur lagi itu kerjaannya enggak abis abis.Apalagi setelah lahirnya anggota baru, alhamdulillah kesibukannya pun bertambah.

Nah, terus bagi Mama Baru yang suka ngeblog bagaimana?
Wih, jangankan ngeblog, ngurus diri sendiri aja harus curi curi waktu. Karena si dede inilah yang menjadi prioritas nomor satu.

Terus gimana? Yaaa mau gimana lagi, di sela sela memberikan ASI buat si kecil saya manfaatkan juga untuk mengetik draft cerita ini. Bukan mengetik di atas keyboard komputer tentunya, melainkan di touchscreen hape saya. 

Dipublishnya tentu kalau si dede udah bobo, biar nggak kena radiasi.

Mungkin ada juga cerita mom blogger yang lainnya tentang bagaimana mengatur waktu antara ngeblog dan mengurus si newborn baby? Share yuk :)


Kacang Tanah Ternyata Ampuh Mempercepat Produksi ASI

Feb 19, 2017

sumber: pixabay
Ketika saya hamil, menyambut kehadiran anak pertama tentu saya  merasa sangat bahagia sekaligus deg-degan. Selain belum memiliki pengalaman mengurus bayi sebelumnya, informasi penting terkait hal-hal yang nanti muncul pasca melahirkan juga masih minim saya peroleh. 

Walaupun sebenarnya saya sudah sering browsing info-info penting sebelum dan setelah melahirkan, dan juga bertanya ke kerabat dan teman yang telah berpengalaman, tetap saja saya merasa masih kekurangan informasi. Termasuk mengenai  ASI ini.

Bengkak Pada Jahitan Pasca Persalinan Normal




Alhamdulillah anak pertama saya lahir dengan cara persalinan normal, sesuai harapan. Namun sayangnya, belum pulih dari rasa sakitnya melahirkan secara normal itu ternyata dua hari setelahnya saya harus menahan sakit kembali karena luka jahitan yang membengkak.

Waktu itu rasa sakit dan nyeri tiba-tiba muncul tengah malam. Saya tidak bisa menggerakkan kaki saya dengan leluasa. Padahal sehari sebelumnya, rasa sakit di bagian pinggul sudah agak mendingan.

Welcome to www.nyonyabaiq.com: Akhirnya Punya Domain Sendiri!

Jan 28, 2017

Wew, akhirnya punya domain sendiri. Alhamdulillah.
Setelah sekian lama menimbang-nimbang, akhirnya pilihan nama domainnya jatuh kepada www.nyonyabaiq.com.

Kenapa sih pengen punya domain TLD (top level domain)? Alasannya biar saya rajin update blog. Karena saya orangnya lumayan males, apalagi ngelihat blog saya yang masih gratisan. Bawaannya pasti nunda-nunda terus. Setelah memiliki domain atas nama sendiri kan bayar tuh tiep tahunnya. Nah, rugi dong kalau enggak rajin update blog :D

Anyway, tentang blog www.nyonyabaiq.com ini isinya masih campur-campur. Tapi saya usahakan artikelnya membahas hal-hal seputar dunia wanita saja. Mulai dari curhatan menjadi seorang mama baru hingga berbagi cerita pengalaman tentang kesehatan wanita, dan lain sebagainya.

Udah, itu doang. Di postingan ini saya enggak mau berpanjang lebar. Intinya welcome to my new blog ya! :)
Mohon maaf isi dan tampilannya masih acak-acakan karena masih under construction :D

Baca Juga:
Pengalaman Membeli Domain di Rumahweb: Gratis Biaya Setting ke Blogspot.

Oiya, saya juga ada blog berbagi info tentang indahnya kehidupan di Pulau Lombok lhoo. Enggak cuman tentang Lombok aja sih, ada juga info seputar Hobby saya, berenang. Isinya juga masih terbilang campur aduk sih, silahkan teman-teman mampir juga di blog saya baiqrosmala.com :)
(kalau mau, enggak mau juga gapapa kok :D)

Pengalaman Membeli Domain di Rumahweb: Gratis Biaya Setting ke Blogspot

Yeay! Blog nyonyabaiq sekarang udah TLD (Top Level Domain)! Senangnyaa ^^
Bagi yang belum tahu kenapa saya akhirnya memilih memiliki domain sendiri, baca dulu ya postingan saya yang ini: Welcome to www.nyonyabaiq.com: Akhirnya Punya Domain Sendiri!

Sebagai bentuk rasa puas saya atas pelayanan Rumahweb ketika saya membeli domain kemarin, pada postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman menyenangkan ketika membeli domain di Rumahweb.com.

Jadi, pada awalnya ketika saya memutuskan untuk beralih ke TLD, saya searching dulu di internet tentang penyedia hosting dan domain yang ada dan terkenal di Indonesia. Setelah membaca beberapa pengalaman blogger yang membeli hosting dan domain di Rumahweb, akhirnya saya mantep memilih Rumahweb. Walaupun akhirnya saya hanya membeli domain saja, pelayanan dari Rumahweb bagi saya sangat memuaskan.

Kenapa memilih Rumahweb? Alasannya karena harganya enggak terlalu mahal, enggak terlalu murah juga. Rumahweb juga emang enggak asing sih di telinga saya. Udah lumayan terkenal lah yaa memiliki layanan yang oke.

Nah, layanan Rumahweb yang memuaskan sudah saya buktikan sendiri. Setelah beberapa waktu yang lalu saya mantap untuk membeli domain www.nyonyabaiq.com di Rumahweb, kendala utama yang saya hadapi adalah bagaimana cara setting custom domain itu ke blog saya yang ada di blogspot ini. Maklum, saya kan orangnya masih awam tentang dunia blogging. Banyak istilah-istilah yang masih asing bagi saya.

Sebenarnya pihak Rumahweb sudah menyediakan tutorial bagaimana cara melakukan setting custom domain ke blogger/blogspot. Tapi yaa kembali lagi, saya orangnya gaptek. Walaupun tutorialnya sudah lengkap, tetap saja saya masih kurang paham. 

Sempat saya searching juga waktu itu, kira-kira ada enggak yaa yang jual jasa/layanan setting domain ke blogspot? Ternyata ada! Dan setelah nanya harga, dia mintanya 100ribu! Wew, hampir sama dong dengan harga domainnya! Menurut saya terlalu mahal -_-

Iseng-iseng lah saya nanya ke Customer Service di Rumahweb. Setelah email saya dibalas, rasanya seneng banget! Ternyata Rumahweb dengan senang hati membantu setting custom domain ke blogspot secara cuma-cuma alias Gratis! 

Akhirnya saya buru-buru membeli domain di Rumahweb.com. Setelah selesai membeli domain, saya menginfokan ke bagian teknis untuk memberikan info akun blogger saya. (tenang, data-data insyaallah aman. Setelah setting selesai, teman-teman bisa langsung ganti password) Dan tadaaaa! Enggak nyampe dua jam setelah itu, blog www.nyonyabaiq.com sudah bisa diakses! Yeay!

Oiya, sebagai catatan buat teman-teman yang ingin membeli domain di Rumahweb. Nanti ketika melakukan transfer, usahakan bukti transfernya didokumentasikan ya! Khususnya yang transfer malem-malem di atas jam 9. Soalnya saya kemarin tranfer pakai mobile banking. Karena enggak ngeh harus upload bukti transfer, saya tidak sempat menscreenshot notifikasinya. Alhasil, proses verifikasi pembayaran dari pihak Rumahweb sempat gagal/tertolak. Namun setelah saya konfirmasi ke bagian billing Rumahweb akhirnya saya bisa konfirmasi ulang pembayaran dengan cara mengupload screenshot mutasi rekening saya. Beberapa menit setelah itu, alhamdulillah status pembayaran domainnya telah berhasil terverifikasi :)

Oke, itulah pengalaman menyenangkan membeli domain di Rumahweb.com. Semoga review yang singkat ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang bingung mencari penyedia web hosting or domain terbaik. Kalau mau baca review lebih lengkap, teman-teman bisa searching langsung di mbah gugel. Nanti bakal muncul banyak review positif tentang RumahWeb Indonesia, salah satunya adalah dari webhostingterbaik.id yang sudah terkenal memberikan informasi lengkap mengenai web-web penyedia hosting terbaik di Indonesia.

Alright, thanks for reading guys and See you on my next posts ;)


Alhamdulillah, Muncul Dua Garis :)

Jan 22, 2017
magazine.orami.co.id


Halloo!!!

Kali ini saya mau berbagi cerita mengenai pengalaman pertama kali testpack setelah proses menunggu sekian lama.. Hiihii agak lebay sedikit gapapa yaa..

Soalnya, kemunculan dua garis merah di TP itu bagi saya sesuatu banget. Karena saya dan suami sudah menikah sekitar satu setengah tahun lamanya. Walaupun sebenarnya setelah sebulan menikah saya ditinggal suami bekerja ke luar negeri sana. Gak sampai setahun sih ditinggalnya, tapi menjalani hidup sendiri tanpa suami selama delapan bulan bagi saya sudah lumayan bisa bikin hati galau gak karuan :D


Sebenarnya suami saya sudah balik bulan November 2015 yang lalu. Dan dua garis merah yang ada di TP itu adalah hasil tes awal Februari 2016. Jadi sekarang usia kehamilan saya sudah memasuki usia tujuh bulan.

Terhitung dari November 2015 sampai Februari 2016 (kurang lebih 4 bulan) saya dan suami telah mencoba berbagai usaha agar segera diberikan rejeki anak oleh Yang Maha Kuasa. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat sampai mengikuti program hamil (promil) di dokter kandungan. Berkonsultasi dengan keluarga dan kerabat yang sudah memiliki pengalaman juga sering saya lakukan. Intinya, setelah berbagai usaha yang kami jalani akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan :)

Mungkin lain kali akan saya bahas mengenai usaha apa saja yang sudah saya lakukan selama empat bulan itu dalam postingan yang berbeda. Postingan kali ini cuman ingin berbagi sedikit cerita mengenai kebahagiaan saya (dan suami) ketika melihat dua garis itu muncul di TP untuk pertama kali.

Sebenarnya yang lucu itu suami saya. Ketika TP pertama kali, dia kaget bin terharu setengah mati hihi. Dengan muka yang menurut saya masih kurang percaya. Tapi intinya dia ngerasa bahagia (tentunya!).

Nah, mungkin kalau istri-istri lain cukup TP sekali atau dua kali sudah ngerasa yakin kalau mereka hamil. Suami saya ini lhooo, nyuruh saya TP sampai empat kali!!!. Nggak tahu karena masih ragu atau karena dia sangking bahagianya jadi nyuruh saya TP melulu heuheuheu..

Pertama kali test, saya sembunyi-sembunyi di dalam kamar mandi. Karena saya mikirnya ngasi tahu suami itu entar aja kalau udah bener-bener pasti. Eh ternyata muncul dua garis! Akhirnya saya cepat-cepat ngasi tahu suami. Dan reaksinya seperti yang sudah saya jelaskan tadi, bahagia tapi (masih seperti) kurang percaya! Hahaha

Besok paginya suami pengen lihat sendiri proses melakukan TP itu gimana (duh!), dia penasaran, pengen test sendiri, pengen lihat hasilnya sendiri. Intinya begitu... Saya pun nurut aja. Akhirnya pagi-pagi saya bangun untuk TP lagi ditemani sang suami. Hasilnya tetap sama :)

Tapi ternyata nggak sampai di situ lhoo teman-teman! Dikarenakan TP yang saya pakai waktu itu yang harganya murah (Saya beli di minimarket waktu itu sekitar Rp 2ribu), suami pengen aku TP lagi! Dia akhirnya beli sendiri TP yang mereknya sensitif di apotik yang harganya sekitar 24ribu. Katanya biar lebih meyakinkan aja -,-.

Hmmm, hasilnya pun sama. Dua garis merah terlihat jelas (lihat gambar di atas). Alhamdulillah...
Sampai di sini saya udah TP sebanyak tiga kali. Yang keempat kalinya gimana?

Well, pas tahu udah hamil, saya dan suami memutuskan untuk periksa ke dokter. Tapi karena jadwal praktik dokter yang bentrok mulu sama kegiatan suami akhirnya kami putuskan untuk ke puskesmas terdekat aja.

Sampai puskesmas saya ditanya "Sebelumnya sudah TP belum mba?"
Eh suami tiba-tiba nyeletuk, "Belum bu bidan! Ini kita kemari karena ingin TP soalnya istri saya sudah terlambat 10 hari"

Whattt? Ahhh jadilah saya TP untuk keempat kalinya wkwkwk...
Hasilnya pun sama (ya iyalah :D)

Abis itu, bu bidan ngasi buku pink (buku kesehatan ibu dan anak gitu), ngecek tekanan darah, ngisi data-data tentang saya dan suami. Dan terakhir, saya disuruh ke lab untuk periksa darah. Udah deh!

Alhamdulillah, itu cerita sekitar 7 bulan yang lalu yang menurut saya lumayan lucu. Setelah empat kali TP akhirnya suami saya puas juga. Sekarang dia suka senyum senyum sendiri deh kalau inget kejadian itu Hihi..

Oke kawans, itulah sedikit cerita tentang pengalaman TP untuk pertama kali. Tunggu cerita pengalaman seputar kehamilan berikutnya yaaa!




Mitos Seputar Jenis Kelamin Bayi Dalam Kandungan

pixabay.com

Hallo good people!

Setelah sebelumnya saya memposting tentang 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Positif Hamil, dalam postingan kali ini saya mau baerbagi tentang mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat terkait jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan.

Setelah melakukan test pack enam bulan yang lalu, usia kehamilan yang sekarang sudah memasuki 30 minggu emang sudah saatnya saya harus periksa ke dokter kandungan. Pemeriksaan pada usia kehamilan 7 bulanan ini tidak hanya penting untuk mengetahui perkiraan jenis kelamin bayi, tapi juga mengetahui posisi bayi yang ada dalam kandungan apakah sudah benar atau masih dalam posisi sungsang. Jika posisi sungsang, maka tentunya masih ada waktu untuk "membujuk" si debay untuk berputar ke arah jalan lahir.

Anyway kalau membahas jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan, ibu hamil yang tinggal di daerah seperti saya mungkin sudah pernah mendengar berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Ketika melihat perut bumil yang sudah besar, banyak orang yang kemudian mendadak menjadi "peramal". Mereka biasanya menebak-nebak jenis kelamin yang ada dalam kandungan berdasarkan bentuk dan ukuran perut. Bahkan ada juga yang menebak hanya dengan melihat raut atau garis wajah si bumil. Waaah hebat sekali yaa?

Kalau di daerah saya, berbagai mitos yang beredar di masyarakat terkait jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan umumnya seperti:

Perut Bulat dan Melebar Kesamping

Jika bentuk perut bumil bulat dan melebar ke samping, kata orang-orang bayi yang ada dalam kandungan berjenis kelamin perempuan. Hmm, saya kurang paham juga sii kenapa sampai muncul teori seperti ini. Tapi yaaa namanya juga mitos hehe..

Perut Mancung ke Depan

Nah, kalau bentuk perut bumil lonjong atau mancung ke depan katanya sii debay nya pasti laki-laki. Saya sering mendengar kalau mitos ini muncul karena umumnya laki-laki memiliki badan yang lebih panjang ketimbang perempuan. Makanya kalau perutnya mancung ke depan diperkirakan bayinya berjenis kelamin laki-laki :D

Kalau Muka Ibunya Kusam

Oke, yang ini menurut saya rada-rada aneh. Banyak orang yang mengaku bisa menebak jenis kelamin dalam kandungan berdasarkan kondisi muka ibunya. Misalnya nih, kalau muka si bumil kucel dan kumel bin kusam maka biasanya debaynya laki-laki. Karena katanya kalau muka kusam itu diakibatkan si bumil males bersihin dan merawat muka, seperti umumnya laki-laki yang cuek terhadap penampilan. Sebaliknya, kalau si bumil rajin membersihkan wajah dan merawat kecantikan kulit maka biasanya debay dalam kandungan berjenis kelamin perempuan. 

Yaaah, kalau kebetulan emang males dandan gimana? Berarti debaynya cowok? Terus misalnya hari ini muka kusam, besoknya pas ada kondangan si bumil dandan cantik-cantik, itu gimana? Nah lhoo hihi...

Wajah Bumil Jerawatan

Baiklah, seharusnya kalau dianalisa, wajah bumil yang suka jerawatan pasti disebabkan karena bumil jarang bersihin muka kaaan? Kalau begitu, sesuai mitos sebelumnya, kalau jarang bersihin muka berarti debay nya nanti laki-laki. Tapi ternyata kebalikannya! Banyak ibu-ibu yang bilang kalau wajah si bumil banyak jerawatnya biasanya debaynya nanti perempuan! Ahh, mitosnya nggak nyambung doong? Hehe, namanya juga mitos -,-

Bumil Males Beresin Rumah

Baiklah, kadang saya suka males beresin rumah (sebenarnya sering, keseringan malah :D).. Kata orang, kalau bumil males beres-beres, males bersihin dan rapiin rumah, males ini itu, si debay yang ada dalam kandungan udah pasti laki-laki. Kenapa yaa? Apa karena kebiasaan laki-laki yang males beresin rumah karena sudah ada istri or emak yang beresin? Ah nggak juga lah yaa menurut saya. Karena suami saya kadang mau kok bantuin beresin rumah kalau istrinya yang hamil ini badannya pegel-pegel hehe..

Kulit Menjadi Kehitaman

Kalau yang ini emang saya sedang mengalaminya. Tiba-tiba ada beberapa area kulit yang berubah warna menjadi keabuan atau "agak" hitam. Seperti daerah leher dan bagian perut (disekeliling pusar). Garis lurus dari atas sampai bawah perut juga terlihat dengan jelas dan berwarna hitam. Tapi kata bidan, emang itu bawaan alami kehamilan kok hehe. Tapi, mitosnya siih, kalau kulit yang kehitaman itu pertanda bahwa debay yang ada dalam kandungan berjenis kelamin perempuan :)

Suka Makan yang Pedes-pedes

Di tempat saya, banyak ibu-ibu yang bilang kalau bumil yang dari trimester pertama suka makan rujak dan makanan pedas lainnya maka bisa ditebak bayi yang ada di dalam kandungan berjenis kelamin laki-laki. Hmm, saya juga nggak tau yaa latar belakang kenapa mitos ini sampai bisa muncul ke permukaan :D

---

Orang-orang tentunya memiliki kebebasan mau nebak debay nya laki-laki atau perempuan. Tapi yang pasti, apapun jenis kelaminnya, orang tuanya harus menerima dan mensyukurinya :)

Kalau bagi saya, mitos-mitos yang saya sebutkan di atas emang sering saya dengar dari tetangga dan kerabat-kerabat lainnya. Yaah, menurut saya siih jangan terlalu diambil pusing lah yaa.. Buat happy happy aja.. Biarkan mereka menebak dengan segala teori yang mereka miliki, toh juga debay yang ada di kandungan sudah diatur jenis kelaminnya dari awal sama Sang Maha Pencipta, Allah Subhanahuwata'ala..

Sebenarnya saya sempatkan diri untuk membuat postingan kali ini karena besok saya rencananya akan periksa ke dokter. Saya penasaran juga bagaimana hasilnya (yaa walaupun hasil USG dari dokter pun nggak menjamin 100% apakah jenis kelamin debay nya nanti kalau udah lahiran sesuai dengan hasil USG atau tidak).

Tapi buat sharing aja, selama ini banyak teman-teman saya menebak kalau debay yang ada dalam perutku ini jenis kelaminnya perempuan. Mereka melihat dari bentuk perutku yang bulat dan melebar (tidak mancung ke depan). Nah, ada juga beberapa teman yang menebak kalau jenis kelamin debay laki-laki karena mukaku yang sering kusam hahaha. 

Baiklah, besok kalau saya jadi ke dokter kandungan (insyaallah) dan hasil USG nya sudah keluar akan saya posting juga di blog ini.,
So.. we'll see it tomorrow yaaaa !!!!!!





Auto Post Signature