Yuk Moms, Kenali Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan

By Baiq Rosmala - May 10, 2018


Waah alhamdulillah enggak kerasa si dede sekarang udah mau tiga bulan ajaa.. Perasaan baru kemarin deh rasanya saya dede lahir di dunia. Walaupun sempat dirawat di NICU karena si dede lahirnya kurang bulan. Terlebih kakaknya yang baru berusia 15bulan juga dramanya tak berujung. Jadi sering cemburu kalau mamanya udah gendong si dede -_-

Tapi semua itu harus disyukuri. Ternyata tiga bulan ini terasa lumayan cepat. Semua enggak kerasa, capeknya bakalan hilang seketika kalau udah lihat mereka anteng tidur berdua di kasur. Apalagi si dede sekarang lagi lucu-lucunya. Kata orang sih emang bayi umur 3 bulan ini adalah tahap si bayi memasuki proses yang berkembang-kembangnya. Baik itu berkembangan secara fisik, motorik, sensorik dan sebagainya.

Perkembangan bayi 3 bulan yang saya alami sekarang sama si dede yang paling kerasa di saya adalah ketika menyusui. Si dede tuh nyusunya kuat banget. Alhamdulillah walaupun kurang bulan dan lahirnya pun kurang berat badan, si dede sekarang badannya udah semakin membesar. Selain pertumbuhan fisik ternyata masih ada beberapa lagi perkembangan bayi 3 bulan yang perlu bunda ketahui juga. Apa aja? Yuk cekidot:

Pertumbuhan Fisik Bayi 

1. Otot bagian kepala dan lehernya sudah semakin kuat, sehingga ia dapat menggeleng-gelengkan kepalanya secara bebas. Namun saat hendak berdiri tegak, bunda harus membantunya dengan menggunakan tangan sebagai topangan agar kepalanya tetap tegak.
2. Selain otot bagian kepala dan leher, otot bagian kakinya juga sudah semakin kuat sehingga ia dapat menendang apa saja dengan keras.
3. Ia dapat meraih benda apa saja, serta dapat menggengam benda tersebut dengan kuat. Ya, hal itu juga tidak terlepas dari otot-otot lengannya yang sudah mulai kuat.
4. Si mungil akan memasukan apa saja ke mulutnya, dimana anda harus lebih waspada lagi dalam hal ini.

Perkembangan Motorik Bayi

1. Indera pendengarannya sudah semakin membaik, sehingga ia dapat mendengar suara apa saja yang ada disekitarnya.
2. Ia akan berusaha untuk mencari sumber suara yang didengarnya. Ia juga akan menolehkan kepalanya sambil tersenyum, jika ada orang lain yang memanggilnya.
3.  Si kecil sudah dapat berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya, meskipun kata-kata yang di ucapkannya itu hanya sebatas Aaa, Iiii, Uuu, Eeee, dan Oooo.
4. Si kecil dapat menanggapi percakapan orang lain, dan membuatnya mengerti dengan percakapan tersebut.

Perkembangan Sensorik Bayi 

1. Ia sudah bisa mengenali orang-orang terdekatnya, dan akan selalu tersenyum kepada orang yang dikenalinya.
2. Ia akan menangis ketakutan jika berhadapan dengan orang yang tidak dikenalinya.
3. Penglihatannya sudah mengetahui perbedaan warna, dan ia lebih tertarik pada warna-warna yang cerah.
4. Ia juga sudah bisa merasakan rasa sedih dan gembira.

Oke bund, Itulah tahap perkembangan pada bayi di usia 3 bulan yang perlu bunda ketahui.

Apakah bunda punya pengalaman lain mungkin? Boleh loh yaaa di share di kolom komentar di bawah ;)

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Jadi kangen wangi bayi.
    Masa-masa menyenangkan di enam bulan pertama.

    ReplyDelete