Inilah Cara Cerdas untuk Membedakan Iphone 5 16 GB Asli, Palsu Atau Rekondisi

By Baiq Rosmala - April 20, 2018


iPhone 5 16 GB masuk sebagai salah produk keluaran iPhone beberapa tahun lalu yang masih banyak dicari konsumen hingga saat ini. Tentunya bukan hal yang baru lagi bukan bagi Anda jika seandainya iPhone ini menjadikan dirinya sebagai salah satu merk yang best seller di pasaran, meskipun pada dasarnya produk yang satu ini hanya menyasar satu segmen tertentu saja. Yaitu hanya kalangan high end karena jika melihat dari segi tawaran harganya sendiri memang terbilang mahal. Mulai dari angka 4 jutaan rupiah, itupun untuk seri lama, sedangkan yang baru dibandrol dengan harga di atas 10 juta rupiah.


Nilai atau tawaran tersebut pastinya juga sesuai dengan kualitas yang diberikan. Karena pada dasarnya iPhone memang tak sembarangan dalam memberikan tampilan dan juga jeroan pendukung produknya tersebut, selalu terbuat dari bahan metal yang kuat, sehingga tidak mudah rusak, tampak elegan berkelas sesuai dengan harganya. Sedangkan jika melihat dari segi jeroannya juga berbalut teknologi keluaran Apple sendiri, tidak seperti brand lainnya yang menggunakan processor atau bahkan sistem operasi yang pasaran.

Meskipun bisa dikatakan sebagai produk berteknologi berkualitas tinggi, namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya brand yang satu paling banyak dipalsukan oleh oknum-oknum tertentu. Biasanya dari segi harganya tidak terlalu mahal. iPhone 5 16 GB ini tak hanya ditawarkan dalam jenis baru saja, melainkan juga refurbished atau rekondisi. Adapun beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk membedakan antara yang asli, palsu atau rekondisi ini, diantaranya adalah:

1. Harga, dari segi harga tentunya bisa dilihat secara jelas perbedaan antara produk yang baru dan juga palsu, atau bahkan yang rekondisi. Umumnya seri yang asli dibandrol paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya, disusul dengan produk refurbished, kemudian dilanjutkan dengan produk yang palsu. Sehingga konsumen jangan langsung tergiur dengan tawaran harga murah, karena bisa jadi barang yang ditawarkan tersebut palsu.

2. Box, komponen pembungkus juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk melihat apakah produk tersebut asli atau tidak. Produk yang refurbished dilapisi dengan warna putih polos dan ada tulisan Apple Certified Pre Owner, agak berbeda dibandingkan dengan yang asli tanpa tulisan ini. Sedangkan untuk jenis iPhone yang palsu justru dibalut dengan box yang berbeda bahannya, lebih tipis dan mudah rusak, bahkan tak jarang yang dijual tanpa adanya box.

3. Desainnya, kemudian melihat dari segi desain atau tampilan luar keduanya hampir sama, namun bedanya produk refurbished terkadang ada cacat di beberapa bagiannya, karena memang bukan produk asli, melainkan sudah rekondisi. Barang yang palsu terkadang tak dilengkapi dengan pembalut bahan metal, melainkan plastik, ataupun jika metal maka lapisannya tipis.

4. Garansi, membeli produk iPhone yang asli umumnya menawarkan garansi langsung dari Apple selama kurang lebih 1 tahun, ini berlaku secara internasional dan dapat dipakai dimanapun. Agak berbeda dengan produk refurbished dan juga palsu, seri refurbished masih memiliki garansi, namun tidak bisa digunakan di semua service center, iPhone palsu justru hanya diberikan garansi distributor selama 1 bulan..

Sangat mudah bukan, sebagai konsumen yang cerdas maka harus berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan sehingga nantinya Anda tidak kecewa setelah membeli produk tersebut. Cek juga nomor IMEI dari iPhone 5 16 GB tersebut sebelum memutuskan membelinya, apakah sama dengan box atau tidak.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Aku dan keluarga ku selalu beli di iBox sih mba, kalau beli di tempat lain walau terkesan murah tapi takut kenapa napa hehehe

    ReplyDelete