Kreasi Menu Gizi Seimbang yang Praktis untuk Ibu Menyusui

By Baiq Rosmala - March 19, 2018


Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu anak kedua saya lahir dengan selamat dan normal. Tentu saya sangat bahagia dong yaa.. Walaupun harus ada drama panjang yang menyedihkan setelahnya. Yaitu saya harus menyapih anak pertama saya yang masih berumur 15 bulan, hiiiks.

Yaps, si kakak baru umur delapan bulan ketika saya tahu saya hamil lagi, dan dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya berulang kali gagal menyapihnya. Hingga akhirnya si adiknya lahir, mau tidak mau si kakak sudah harus disapih. Bukannya gimana, ternyata si adik lahir ke dunia lebih awal dan dengan berat badan rendah yaitu hanya 2,4 kg. Tentunya si adik lah yang lebih prioritas untuk mendapatkan ASI sekarang. 

Setelah drama panjang itu syukurnya si kakak sudah berhasil disapih. Nah, sekarang ini saya lagi kenceng-kencengnya ngASI si adik agar berat badannya cepat naik. Alhamdulillah ASI saya lancar terus. Belajar dari pengalaman anak pertama, kunci ASI deras itu cuman satu, yaitu perut harus tetap kenyang! Hehehe ^^

Untuk menjaga agar perut tetap penuh dan kenyang, saya tidak terlalu pilih-pilih dalam makanan. Selama itu bukan racun dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi, pasti saya lahap semua. Tentunya ibu menyusui harus memperhatikan juga dong yaa gizi seimbang dalam makanan yang dimakannya.

Nah, kayak gimana sih gizi seimbang untuk ibu menyusui? Yang jelas, kebutuhan ibu menyusui sejatinya lebih banyak daripada ibu yang tidak menyusui. Karena selain untuk dirinya sendiri, nutrisi makanan itu juga diproses pertama kali untuk memenuhi cadangan ASI.

Tentang Gizi Seimbang

Oke, menu gizi seimbang sejatinya adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan. 

sumber: sogood.id

Terus apa saja yang termasuk dalam menu gizi seimbang? Sesuai gambar di atas yang saya peroleh dari sogood.id (yang sesuai juga dengan anjuran dari Departemen Kesehatan RI) bahwasanya piring gizi seimbang itu minimal harus mencakup kandungan:
1. Karbohidrat 35% yang dapat diperoleh dari beras, jagung, kentang, gandum, ubi kayu, dll;
2. Protein 15%, dapat diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dll;
3. Sayur 35% dan Buah 15% sebagai sumber vitamin dan mineral, yang dapat diperoleh dari hampir semua jenis sayur dan buah-buahan.

Nah, masalahnya adalah.. sebagai seorang ibu menyusui (dan semua buibu menyusui pasti udah tahu rasanya), menemukan waktu untuk menyiapkan menu makanan yang komplit itu lhooo... susah banget! Saya termasuk beruntung, karena kebetulan suami saya punya usaha sendiri dan bisa membagi waktu untuk membantu saya di rumah. Suami lah yang biasanya menyiapkan makanan untuk sarapan pagi karena saya semalaman begadang sama si bayi. Nah, buat buibu yang tidak punya asisten dan suaminya sibuk gimana? Repot jugaa kan hehehe.

Untungnya nih, ada makanan siap masak yang bisa dijadikan alternatif solusi bagi ibu menyusui. Salah satu makanan siap masak favorit saya dan keluarga adalah produk dari SO GOOD. Kenapa pilih SO GOOD? Well, ada beberapa alasan nih:

1. Praktis

So pasti lah yaa.. alasan pertama karena produk dari So Good ini praktis banget. Tinggal ikutin aja cooking instruction dari setiap produknya, jadi deh :)

2. Banyak Pilihan

So Good ini selalu berinovasi dalam menyajikan produk dengan banyak varian dan rasa. Diantaranya ada So Good siap olah seperti Ayam Potong Paha dan Dada, Ayam Utuh, Ayam Potong Daging Sup Ayam, Ayam Potong Paha Dada Pedas Manis dan Ayam Potong Paha Dada Bumbu Kuning. Ada juga So Good siap masak seperti Chicken Nugget, Fish Nugget, Otak-otak, Bakso Ayam Kuah Keju, Pangsit Udang, Chicken Karage, Chicken Katsu, dll.

3. Enak dan Kaya Protein

Nah, dibandingkan merek lain yang sejenis, saya suka banget sama So Good ini karena rasanya yang enak. Selain enak di lidah, So Good juga ternyata banyak kandungan proteinnya karena terbuat dari bahan terbaik pilihan.

4. Kualitas Terjamin

Semua produk So Good terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan diolah dengan teknologi tinggi masa kini. Jadi, So Good ini kualitasnya terjamin dari segi kesegaran, kelezaatan dan kandungan gizinya.

5. Halal

Oke, ini poin penting yang enggak boleh ketinggalan khususnya buat saya yang muslim. Produk So Good ini sudah terdaftar Halal 100% di MUI, jadi enggak perlu khawatir lagi ;)

Kreasi Menu Gizi Seimbang ala Ibu Menyusui

Sebagai seorang ibu yang lagi kenceng-kencengnya ngASI bayi yang BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah) saya harus sering-sering makan. Sebenarnya emang si adik juga nenennya kuat banget sih, alhamdulillah. Nah, seringnya nih (dan kebanyakan ibu menyusui sih menurut saya), kadang kita baru aja makan eh si dede kebangun dan minta nenen. Setelah itu? Ya otomatis laper lagi, karena udah disedot kan :D

Di lain sisi, kerjaan lain juga numpuk. Mulai dari ngerapihin mainan si kakak yang berantakan kesana kemari,  nyuci baju, nyuci piring, nyapu rumah, nyapu halaman. Duh, mandi mah nomor sekian kali yaaa.. Akhirnya karena sudah laper, pilihan saya ya So Good ini. Kebetulan hari ini saya baru aja bikin menu praktis dengan gizi yang seimbang dari So Good. Tadaaaa! Ini diaaa menu piring gizi seimbang yang praktis ala ibu menyusui:


Gimana? Kelihatannya sih praktis banget kan? Emang praktis kok :D
Cukup dengan menggoreng So Good Chicken Nugget sebagai sumber protein. Karbohidratnya saya ambil dari kentang goreng. Karena ini sebenarnya adalah camilan dan saya juga sudah makan siang, jadi bosen kan kalau harus makan nasi lagi padahal baru mau masuk waktu Shalat Ashar, belum waktunya makan malam hehe. Sayurnya? Saya ambil yang ada di kulkas aja, namanya juga menu praktis untuk ibu menyusui ;) Eh tapi buahnya belum kefoto yaa? Tomat termasuk buah juga kan yaah? :D

Anyway, bagi yang memperhatikan, bentuk nuggetnya lucu ya? Itu karena saya kebetulan nemu di minimarketnya So Good Chicken Nugget yang karakter Animal ini nih. Ada rasanya pulak, rasa Pizza. Yummy!


Buibu suka So Good juga kah? Sudah nyoba varian yang apa aja? :) atau mungkin ada kreasi menu gizi seimbang lainnya? Share juga yuk!



  • Share:

You Might Also Like

26 comments

  1. waaah.. kalau menunya praktis begini pasti bukan masalah lagi buat ibu-ibu ya untuk menu makanan keluarga

    ReplyDelete
  2. praktis ya, kapan-kapan dicoba ah jadi ngiler nih busui :D

    ReplyDelete
  3. bener banget ...

    ReplyDelete
  4. Bisa yak ditata trus di foto gitu. Kalojudulnya nugget dan kentang goreng, uwiiiih tangan bocah lebih cepet dari pada tangan emaknya...alhasil menggoreng selesai, makanan udah ludes duluan. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama mba. Kebetulan si kakak lagi diajakin maen ke rumah tetangga ama papanya jadi bisa foto-foto

      Delete
  5. Wah, kondisinya kalau kayak Bunda gini ini emang pas ya kalau ketemunya So Good. Udahlah lagi busui, punya batita, ditambah sibuk yang lain, memang harus tetap dan harus terpenuhi gizinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba untung ada yg praktis yet bergizi ^^

      Delete
  6. apalagi buat anak kosan, udah bergizi, praktis. cocok :D

    ReplyDelete
  7. Kalau So Good ini mah bukan cuma anak2 yg suka. Emaknya juga pasti ikutan makan deh, Mba :D

    ReplyDelete
  8. Kalau sudah punya stock So Good di kulkas, saya tenang tidurnya. Dalam kondisi kepepet enggak bisa masak yang komplet..ambil So Good, mau cemilan yang rada berat, So Good juga. Tetiba ada tamu datang butuh suguhan , untung ada So Good...Sudah praktis bergizi lagi!

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah dapat ilmu dan wawasan baru. Nice artikel mba.

    ReplyDelete
  10. wuow... ini makanan kesukaan anak-anak. bisa nambah banyak kalu ada makanan ini.
    saya jadi gagal fokus sama foto yang paling akhir. hihihi

    ReplyDelete
  11. Wah perlu dicoba nih klu udah punya baby sendiri...praktis banget yaaa :)

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah.. makasih sharingnya mbak. Tak catet dulu, tunggu hamil lagi hihi.

    ReplyDelete
  13. Udah praktis, gizi seimbang lagi, sipppp, Mbak...

    ReplyDelete
  14. aku dirumah juga selalu stok so good mba...hehe
    Soalnya terkadang kita sabagai ibu rumah tangga ada masa dimana suka malas untuk masak hihi

    ReplyDelete
  15. Wah selamat bunda untuk kelahiran anak ke duanya. Pasti banyak sedih dan dramanya ya. Semoga dimudahkan dalam menjalaninya dan tentu memang perlu memperhatikan gizi seimbang biar ASInya banyak ya dan lebih sehat dalam menjaga buah hati tercintanya ��

    ReplyDelete
  16. Saya dan anak anak di rumah juga suka dengan so good ini.

    ReplyDelete
  17. Ibu menyusui tanpa art harus nyetok so good. Kesibukan mengurus rumah dan baby membuat takkan sempatbmasak makanan bergizi tinggi setiap hari. Apalagi Menyusui bawaanya lapar terus dari pada makan yang gak sehat mending so good

    ReplyDelete
  18. Pernah ngakamin saya, saat Una lahir Eying baru 1.5 tahun. Jadilah saya nyusuin dua bayi sekaligus. Alhamdulillah ASI lancar berlimpah, semua dimudahkan oleh Allah. Bersyukur banget kalau ingat saat-saat itu. Saya termasuk omnivora juga, apapun makanan masuk mulut. Cuman agak menghindari makanan instan sih.

    ReplyDelete
  19. Wah saya belum pernah nyobain yang So Good nugget rasa pizza. Ketika lagi bosan makan nasi, bisa diganti dengan kentang juga ya, mba. Moga Mba dan adek bayi sehat2 terus ya dengan selalu perhatikan kadar gizi seimbangnya :)

    ReplyDelete
  20. Boleh jadi makanan alternatif yang harus ada di kulkas selain telur ya...
    Terima kasih infonya mba.

    ReplyDelete
  21. So good ini beneran beda dari dulu yaaa. Menurutk it sih, dr segi rasa mereka berubah banget. Jaauhhh lbh enak. Dulu rasa nugget dan sosisnya biasa deh. Tp skr malah yg paling enak. Jd skr persediaan frozen foodku kebanyakan pasti so good

    ReplyDelete
  22. Emang nugget number one pas lagi buru-buru. Gak ribet ngolah.

    ReplyDelete