Resep Masak Sambel Goreng Tahu Plus Krecek

by - December 21, 2017



Sambel goreng tahu plus krecek adalah makanan pelengkap yang biasanya disajikan bersama gudeg khas jogja dan atau nasi liwet khas solo. Cita rasa pedas dan gurih yang dihasilkan oleh sambel goreng tahu plus krecek ini menambah kelezatan makanan hidangan utama tersebut. Jika anda memasak gudeg jogja atau nasi liwet sudah seharusnya anda juga memasak sambel goreng tahu plus krecek ini.Adapun resep masak sambel goreng tahu plus krecek adalah sebagai berikut:

Jika kebetulan anda belum tahu bagaimana proses pembuatan dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan, tak perlu kawatir. Mari kita belajar memasak untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Syaratnya anda harsu menyiapkan beberapa bahan dan bumbu di bawah ini.

Bahan yang diperlukan:
· 300 gram tahu putih sekitar 5 buah tahu putih (potong bentuk dadu)
· 75 gram krecek/rambak
· 1 bungkus Sasa Santan Kelapa
· Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng.

Bumbu yang harus anda haluskan:
· 3 buah bawang putih
· 7 buah bawang merah
· 5 buah cabai merah keriting besar
· 4 butir kemir (disangrai dulu)
· ½ sendok teh terasi yang telah digoreng

Bumbu pelengkap yang harus disiapkan:
· 2 lembar daun salam
· 5 buah cabai rawit utuh/ jumlah sesuai selera
· 2 ruas Lengkuas seukuran ruas jari kelingking
· 1 buah tomat (potong dengan ukuran sesuai selera)
· Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
· 1 sendok teh gula merah yang sudah disisir.
· 2 sendok teh larutan asam jawa (terbuat dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)

Cara membuat sambel goreng tahu plus krecek adalah :

1. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng untuk menggoreng tahu.
2. Masukkan tahu dan goreng sambil dibolak-balik sampai berkulit cokelat, angkat, tiriskan, sisihkan dahulu.
3. Sekarang ganti panaskan kembali miyak goreng untuk menumis bumbu.
4. Tumis bumbu halus tadi hingga beraroma wangi.
5. Selain itu mulai tambahkan daun salam, lengkuas, dan tomat secara bergantian. Lanjutkan menumis sampai bahan-bahan tadi layu dan aroma harum tercium kembali.
6. Tuangkan Sasa Santan Kelapa seluruhnya dan masukkan juga krecek lanjut dimasak sambil diaduk –aduk hingga santan mendidih, setelahnya kecilkan api kompornya. Hal ini untuk menjaga kualitas santan tetap baik untuk kesehatan. Perlu anda ketahui bahwa santan sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja terkadang kita salah dalam memasaknya sehingga jadi tidak baik.
7. Selanjutnya masukkan semua bahan dan bumbu-bumbu yang belum digunakan, aduk hingga kuah mengental, dan matikan api kompornya.
8. Setelah matang, berarti siap disajikan sebagai menu pelengkap misalnya pada gudeg jogja atau nasi liwet solo. 

Sekarang rasakan bagaimana Sambel goreng tahu plus krecek buatan anda, enak bukan? 


Sekadar informasi saja ya, mengapa resep di atas menggunakan Sasa Santan Kelapa. Kok bukan santan perasan dari kelapa langsung saja? sebab Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas yang sama dengan santan perasan langsung. Ia sudah matang dan siap pakaisehingga kita tidak perlu repot untuk mengolahnya. Juga Sasa santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas, jadi kita tidak akan kehilangan kualitas masakan yang kita buat hanya karena menggunakan santan instan. Beda cerita bila kita menggunakan merek lain. selain itu Sasa Santan kelapa juga cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman karena tanpa pengawet. Sepanjang pengalaman saya memasak, Sasa Santan Kelapa adalah pilihan terbaik untuk santan.

Makanya buibu juga kalau berkreasi masakan yang bersantan, jangan lupa pakai Sasa Santan Kelapa yaa. Sasa Santan, Aslinya Santan.


You May Also Like

11 comments

  1. OMG sekarang udah ada santan kelapanya ya Sasa. Bikin masak makin asik karena ada pilihan santan kelapa. Mau bikin kerecek juga gampang ya mbak, cobain ah resepmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sekarang udah enggak perlu capek capek meras kelapa buat bikin santan :)

      Delete
  2. Gak perlu lagi parut2 kelapa dan peres santen ya mbak

    ReplyDelete
  3. Santan kelapa kemasan, sangt memudahkan emnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah, praktis dan tetap sehat karena tanpa pengawet

      Delete
  4. Kalau ingat resep ini, ingat suami, seneng banget sama krecek, kalau mampir ke ibu mertua pasti dibuatin ini, ahh jd kangen. Untung skrg ada santan sasa ya, tinggal cuur gak perlu repot memeras kelapa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seneng krecek juga yaaa.. Santan sasa bikin masak jdi lebih mudah

      Delete
  5. Udah matang itu maksudnya kalau mau beli cendol, trus pakai santan sasa bisa gitu ya mba? Btw aku baru tau kalau krecek masaknya pakai santan juga tha ^^ hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, dikemasan tertera kalau santannya udah matang, jdi gk perlu dimasak.cuman kalau aku lebih sukanya diangetin dlu sih sbelum dicampur ke cendol atau puding

      Delete
  6. liat fotonya menggoda banget,, bisa bikin ketagihan nih

    ReplyDelete