Begini Cara Facial Sendiri di Rumah, Ternyata Mudah!


Hi good people! Kali ini nyonyabaiq mau membahas tentang perawatan wajah ah ;)
Jadi ceritanya kemarin (05-12-17) saya berkesempatan bertemu kembali dengan bunda-bunda cantik dan hebat. Iya, kami ketemu lagi alhamdulillah. Sebenarnya kami ketemuannya sekali seminggu sih, kayak perkumpulan emak-emak jaman now gitu, kumpul-kumpul belajar ngaji hehe. Kalau bahasa arabnya sih pertemuan itu artinya "liqo", kalau bahasa inggrisnya "gathering" kali yaa...

Nah, salah satu anggota dalam liqo kami kebetulan ibu muda yang punya usaha salon dan spa. Namanya Bunda Aya, owner Malika Salon and Spa di daerah Bertais - Mataram. Well, kami kan ceritanya emak-emak jaman now yang juga pengen terlihat cantik di depan suami nih, akhirnya kepikiran buat "mencuri" ilmu dari Bunda Aya. Syukurnya beliau orangnya baik hati dan bersedia sharing ilmu.

Ilmu merawat diri yang pertama kami pelajari adalah bagaimana cara melakukan perawatan wajah dengan mudah di rumah. Ternyata wajah itu emang sangat-sangat penting untuk di rawat. Apalagi emak-emak yang pakai jilbab, yang kelihatan kan mukanya aja tuh. Kebayang kan banyaknya debu yang menempel ketika melakukan aktifitas di luar rumah. Debu-debu yang nempel itulah yang akhirnya bikin muka jadi kusem. Oleh karena itu, kita perlu membersihkan wajah kita secara teratur. Salah satu caranya adalah dengan melakukan facial.

Tapi kembali lagi, kadang kalau harus meluangkan waktu untuk pergi ke salon kayaknya enggak gampang ya  mak?!. Kerjaan rumah yang enggak abis-abisnya itu lhoo. Belum lagi budget yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan. 

Sekarang, karena saya sudah tahu cara melakukan facial sendiri di rumah maka saya akan bagikan juga ilmunya di postingan ini. Ternyata lumayan mudah kok. Tinggal siapin aja cream/lotion yang diperlukan. Mulai dari milk cleanser, face toner, facial wash, massage cream, peeling cream dan face mask. Siapkan juga handuk atau waslap yang nanti akan digunakan untuk mengangkat krim dari wajah.

Setelah semua bahan tersedia, yuk langsung aja:... begini cara mudah melakukan facial sendiri di rumah:

1. Bersihkan muka menggunakan air 

Apapun jenis perawatan wajah yang akan dilakukan, langkah awal yang paling penting adalah membersihkan muka. Membersihkan muka tahap awal ini cukup dengan menggunakan air biasa saja. Atau kalau mau lebih bagus lagi menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat bisa membuka lebar pori-pori sehingga memudahkan untuk mengeluarkan komedo yang tersembunyi.

Oiya mak, jangan heran yaa kalau langkah-langkah facial selanjutnya dalam postingan ini akan terlihat satu merek skin care aja yaitu dari La Tulipe. Postingan ini bukan sponsored post kok hehe. Murni karena kemarin praktiknya dari pemilik salon yang kebetulan menggunakan produk ini. Jadi katanya emang recommended produknya, hasilnya bagus dan sesuai dengan segala jenis kulit. Ada juga sih skin care dari La Tulipe yang khusus untuk kulit berminyak. Jadi silahkan menyesuaikan dengan jenis kulit emak yaa. Merek produk yang mau dipakai juga terserah sebenarnya. Karena kalau produk La Tulipe menurut saya harganya juga lumayan.

2. Gunakan Milk Cleanser


Langkah kedua setelah membersihkan muka dengan air adalah mengaplikasikan milk cleanser atau susu pembersih. Gunanya agar sisa-sisa riasan, debu dan kotoran serta minyak yang ada pada kulit wajah dapat terangkat dengan sempurna, yang kadang tidak bisa diangkat hanya dengan air biasa. 

Produk yang digunakan adalah La Tulipe Milk Cleanser with Aloe Vera Extract yang cocok untuk kulit normal dan berminyak. Kandungan aloe barbadensis leaf extract-nya dapat membantu melembabkan kulit sehingga terasa bersih dan halus. Caranya adalah dengan mengambil sedikit susu pembersihnya kemudian dioleskan merata ke seluruh wajah dan leher sambil dipijit-pijit lembut pakai jari. Mijitnya ke arah atas ya mak biar kulit enggak kendor. Setelah itu angkat sisa susu pembersih dengan menggunakan kapas wajah.

3. Cuci muka dengan sabun pembersih


Masih dalam rangkaian membersihkan wajah dari sisa riasan, kotoran, debu dan minyak, langkah selanjutnya adalah mencuci muka menggunakan facial wash atau facial soap. Selalu gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis wajah emak yaa! Kalau di sini produk yang digunakan adalah La Tulipe Facial Soap with aloe vera extract yang khusus untuk kulit berminyak. 

Nah, pada tahap ini insyaallah muka sudah benar-benar bersih dari kotoran dan minyak berlebih. Selanjutnya, wajah kita sudah siap untuk melakukan treatment facial yang sebenarnya.

4. Lakukan pijatan dan peeling di muka dengan lembut


Langkah selanjutnya setelah kulit wajah sudah bersih sempurna adalah dengan melakukan massage atau pijatan yang merata ke seluruh muka. Pemijatan ini bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan massage cream terlebih dahulu. Tapi, karena dari awal niatnya hanya ingin facial ringan di rumah, langkah ini bisa diskip alias enggak apa-apa dilewatin. Sebenarnya, kalau massage juga kan enaknya dibantu sama orang lain yaa? Kalau massage sendiri kayaknya mah bakalan pegel juga :D

Kalau mau melewatkan langkah massage berarti langsung aja ke proses peeling alias pengangkatan sel-sel kulit mati. Caranya adalah dengan menggunakan peeling cream. Bentuknya kayak scrub gitu (ada butiran-butiran halusnya) dan bisa juga menggunakan face scrub yang sebenarnya adalah nama lain dari peeling cream. Peeling cream dioles merata ke seluruh muka dan didiamkan sampai setengah mengering. Lalu gosok-gosok dengan pelan ke seluruh permukaan wajah. Fungsinya adalah untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit bisa bernafas dan teregenerasi dengan baik. 

Pada tahap peeling ini, bagi yang mukanya terdapat banyak komedo (terutama di bagian hidung), bisa langsung dibersihkan yaa. Pengangkatan komedo sebenarnya harus menggunakan alat khusus. Banayak sih dijual di toko-toko dengan harga yang lumayan murah. Tapi kalau enggak punya, komedo bisa dibersihkan sendiri dengan menggunakan tangan. Tapi enggak boleh langsung bersentuhan, alias harus pakai tisue atau waslap. Karena katanya kotoran yang ada di tangan bisa memperburuk komedo dan meninggalkan bekas di wajah. Setelah melakukan peeling dan semua komedo sudah terangkat, bersihkan kembali wajah kita menggunakan air.

5. Aplikasikan masker di wajah


Setelah bersakit-sakitan mengeluarkan komedo, sekarang saatnya untuk menutrisi kulit dengan masker. Masker wajah ini juga memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit. Masker wajah pun sudah banyak jenisnya, ada yang sudah langsung berbentuk pasta dan bisa langsung dipakai. Dan ada juga yang berbentuk serbuk atau powder yang harus dicampur dulu dengan air mawar atau rose water.

Cara membuat masker jika produknya berbentuk powder adalah dengan cara menyiapkan mangkok kecil terlebih dahulu, tuang serbuk maskernya lalu tambahkan air mawar secukupnya dan diaduk sampai berbentuk pasta. Setelah itu dioles merata ke bagian wajah (bisa memakai tangan atau brush). Hindari daerah mata dan bibir ya! Setelah itu diamkan sampai masker mengering, lalu bersihkan muka menggunakan air dingin.

6. Segarkan wajah

Oke, langkah terakhir adalah menyegarkan wajah. Sebenarnya setelah facial pasti kulit wajah sudah terasa segar. Namun enggak ada salahnya lebih disegarkan lagi dengan menggunakan face toner. Kalau mau terasa lebih lembab lagi bisa menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Atau lebih bagus lagi kalau ada serum. Intinya kalau wajah udah segar, pelembab dan serum akan lebih mudah meresap ke dalam pori-pori wajah. 

Alright itu dia langkah-langkah mudah melakukan facial sendiri di rumah. Gimana? Mudah kan? Oiya, sebagai informasi tambahan aja, kalau facial itu cukup dilakukan sekali sebulan aja yaa. Karena kalau keseringan juga enggak baik, bisa mengikis lapisan kulit. Untuk yang udah berumur 25 tahun ke atas facial bisa dilakukan 2-3 minggu sekali. 

Dulu ketika saya masih muda (emang sekarang udah tua? *menolaktuaceritanya), pertama kali melakukan facial adalah sekitar tiga tahun yang lalu. Waktu itu saya masih gadis dan baru lulus kuliah. Karena penasaran, saya cobain masuk ke salah satu salon yang ada di Depok. Seingat saya, waktu itu treatmentnya lumayan lengkap. Mulai dari muka yang "disetrika", "disikat" sampai ada "ditusuk-tusuk"-nya gitu untuk mengeluarkan komedo yang membandel. Emang sih, abis itu muka terasa enteng dan halus, tapi harganya itu lhoo mak, enggak kuat wkwkwk. Abis itu enggak pernah facial lagi deh.

Sekarang kalau udah tahu cara facial sendiri di rumah ternyata mudah, kayaknya saya bakal rutin nih. Semoga aja enggak kena virus "malas" di tengah jalan. Kalau emak, terakhir kali facial kapan? 


No comments:

Post a Comment