5 Alasan Emak-emak Jaman Now Harus Datang ke Lombok

by - December 04, 2017



Halo maaaksss, udah masuk bulan Desember nih! Bentar lagi pergantian tahun! Sudah merencanakan liburan belum sama keluarga? Kira-kira rencana liburan akhir tahun yang paling asyik apa ya mak?.. Hmm kayaknya masing-masing orang beda-beda yaa jawabannya. Yang jelas, liburan atau enggak, yang penting kebersamaan kita dengan keluarga dan orang-orang tercinta tetap terjaga :)

Menjadi seorang ibu, entah itu full time mother ataupun yang berkarir di luar rumah tentunya setiap hari merasakan banget yang namanya capek mengurus rumah tangga. Mulai dari ngurus si kaka, adek, suami, cucian kotor, masak-memasak, nyiepin kebutuhan sekolah, kebutuhan suami pas mau berangkat kerja, nyapu dan ngepel lantai sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dihindari setiap harinya. Kadang (keseringan malah) sampai lupa mengurus diri sendiri. Bener enggak mak?

Nah, saya termasuk orang yang percaya bahwa emak-emak bahagia adalah cerminan dari keluarga yang bahagia juga hihi. Makanya saya juga termasuk orang yang setuju banget kalau ada yang bilang "Emak-emak itu wajib piknik!". Apalagi emak-emak jaman now. Dijamin deh, abis piknik pasti pikiran makin seger dan semangat lagi ngejalanin aktifitas rumah yang seabrek-abrek itu.

Oke mak, kali ini enggak usah berpanjang lebar. Cuss langsung aja saya mau bagikan info penting ini! Lombok udah terkenal sama keindahan alamnya, alias enggak salah saing sama tetangganya Pulau Bali. Nah, keindahan Pulau Lombok apa aja sih? Sebenarnya sudah banyak banget yang nulis. Tinggal nyari di embah gugel langsung deh ketemu. 

Tapi dalam tulisan saya ini khusus membahas eksotisme Pulau Lombok dari segi pandang seorang emak-emak. Seperti yang saya bilang sebelumnya, emak-emak jaman now itu harus, kudu dan wajib piknik! Piknik kemana aja boleh emak, yang penting bahagia. Tapi kalau mau piknik ke Lombok dijamin kebahagiaannya bisa berkali-kali lipat! Kok bisa? Setidaknya ada 5 alasan nih menurut saya. Yuk, check them out ^^

1. Biaya Makan dan Penginapan Murah Meriah


Udah jadi rahasia umum kalau emak-emak itu identik dengan berhemat wkwkwk. Ya iyalah, sebagai manager keuangan rumah tangga, seoarang ibu itu harus pandai-pandai dalam mengatur uang. Nah, kalau mau liburan asyik sekaligus hemat, ya Lombok jawabannya.

Anyway, Saya udah ngebuktiin lho mak hematnya tinggal di Lombok ini. Dulu saya kuliah empat tahun di Bogor, kerja di Jakarta hampir dua tahunan, dan pernah ngekos juga di Depok satu tahun. Saya ngerasain banget biaya hidup di sana muahal bingits hihi. Wajar sih, namanya juga kota besar. Dan ketika saya balik ke Lombok ini, waduh hidup saya bahagia banget! Bayangin dong, sarapan pakai nasi bungkus yang harganya 5rebu itu udah pakai ayam, telur, sayur, tempe orek dan sambel. Kalau di Jabodetabek, menu selengkap itu (dan ukuran ayamnya yang lumayan yaa) minimal harganya 10rebu mak, atau mungkin 12ribu :D

Untuk akomodasi dan penginapan? Tinggal pilih, mau yang ala koper atau backpaker? Semua lengkap dengan pilihan harga yang bersahabat ;)

2. Mempelajari Kain Tenun Khas Lombok

sumber: lifestyle.liputan6.com
Ketika melihat corak kain tenun khas Lombok yang berwarna-warni dan dengan motif yang tidak kalah kece di jaman now, emak-emak dijamin akan semakin happy. Karena emang kita emak-emak ini suka yang namanya keindahan.

Nah, kalau datang ke Lombok, enggak cuman bisa beli kain tenun untuk dijadikan oleh-oleh tapi juga emak-emak dapat mempelajari hal-hal lain terkait kain tenun ini. Karena kain tenun khas Lombok sangat berperan penting dalam mewarnai setiap fase kehidupan masyarakat Suku Sasak di Lombok. Mulai dari masih bayi, masyarakat Sasak memiliki adat 7 harian setelah si bayi lahir yang salah satu ritualnya harus menggunakan kain tenun. Terus ketika anak perempuan yang baru menginjak remaja harus belajar menenun dulu sebelum diijinkan menikah. Belum lagi ketika prosesi pernikahan dengan adat sasak, mulai dari pengantin pria, wanita, pengiring pengantin yang harus memakai kain tenun khas ketika melaksanakan nyongkolan (tradisi khas sasak dalam pernikahan). Banyak lagi deh peran kain tenun ini dalam kehidupan masyarakat Lombok. 

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kain tenun, termasuk salah satunya adalah makna yang terkandung dalam setiap motif yang ada pada kain. Tentunya dengan bertanya langsung pada pakar/pengrajinnya yang lebih paham. Ada juga lhoo mitos yang mengatakan kalau pria tidak boleh belajar menenun kain! Kenapa? Penasaran? Yuk ah cari tau langsung jawabannya dengan datang ke Lombok hehe. Daerah yang paling terkenal sebagai penghasil kain tenun khas Lombok namanya Desa Sukarara.

3. Bisa Baper Melihat Tradisi Nikah di Lombok

sumber: sa2kcreative.com
Ada yang unik dengan tradisi menikah di Pulau Lombok. Calon pengantin pria harus terlebih dahulu "membawa lari" calon pengantin wanitanya! Kebayang enggak sih mak, gejolak hati orang tuanya si wanita?! Duh kalau udah ngomongin masalah perasaan, kita emak-emak paling cepet deh bapernya. Tapi tunggu dulu, ternyata kalau ditelusuri lebih mendalam, makna yang terkandung di balik tradisi "kawin lari" pada pernikahan khas Suku Sasak adalah menandakan bahwa kecintaan orang tua pada sang anak (wanita) yang sangat besar. Ibarat kata, kalau "sengaja" diminta menikah oleh sang laki-laki dengan cara melamar langsung sudah pasti enggak bakalan dikasih sama orang tuanya, sangking besar cinta orang tua kepada si anak perempuannya. Oleh karena itu, para lelaki Lombok lebih memilih "melarikan" calon mempelai wanitanya. Hal ini juga mencerminkan sikap keberanian yang tinggi dari pihak laki-laki.

Itu baru awal proses pernikahan lho mak. Belum lagi nanti ketika akad, nyongkolan (tradisi membawa mempelai wanita ke rumah orang tuanya setelah resepsi) sampai tahap akhir prosesi pernikahan ini banyak banget hal-hal yang dijamin bisa bikin baper para emak-emak. Kalau penasaran prosesi pernikahan khas Sasak seperti apa, cus dateng liburan ke Lombok :)

4. Bawa Pulang Oleh-oleh Mutiara

sumber: jengaryani.com
Siapa coba wanita yang enggak suka perhiasan? Rata-rata pada suka pasti yaa, apalagi emak-emak. Nah, Pulau Lombok terkenal banget sama mutiara air tawarnya. Mutiara cantik yang harganya lumayan terjangkau. Selain bisa membeli mutiara secara utuh, emak juga bisa membeli mutiara dalam bentuk perhiasan seperti kalung, cincin dan juga gelang. 

Mutiara khas Lombok tidak hanya disukai oleh konsumen dalam negeri tetapi juga banyak konsumen dari luar negeri. Makanya mutiara dari Lombok banyak yang diekspor dengan harga yang lumayan tinggi. Ciri khas mutiara Lombok adalah butirannya yang besar-besar dan memiliki kilau yang sangat indah.

5. Melihat "Merica" di Pantai

sumber tertera
Emak-emak itu udah terkenal dan identik dengan yang namanya dapur. Karena kebanyakan kalau sudah menyandang status emak-emak mau enggak mau ya harus bisa masak dan berkantor di dapur. Pastinya dan insyaallah semua emak-emak Indonesia udah familiar sama bumbu dapur yang satu ini yaitu 'merica'. Nah, udah tau belum mak kalau ternyata merica itu banyak lhoo bertebaran di sepanjang pantai di Lombok!

Tentunya bukan merica beneran lah yaa.. Gambar di atas adalah butiran pasir yang ada di pantai di kawasan Mandalika - Lombok Tengah. Hampir semua dan rata-rata pasir yang ada di kawasan Mandalika, Tanjung Aan, Pantai Kute dan sekitarnya memiliki pasir yang teksturnya seperti merica ini. Bayangin deh rasanya bisa berjalan di atas pasir pantai yang seperti ini. Nyaman dan menenangkan tentunya :)

---
Itu dia mak alasan kenapa harus segera merencanakan liburan ke Lombok versi nyonyabaiq.com. Sebelumnya saya mau berterima kasih kepada rekan saya sesama blogger Lombok yaitu Alfian dari http://www.superhore.com/ yang telah memberikan ide untuk menulis artikel ini. Tantangannya sih menulis tentang "alasan kenapa harus ke Lombok". Karena niche blog saya ini tentang dunia wanita maka saya harus menyesuaikan. Akhirnya kepikiran untuk menulis artikel dengan judul "5 Alasan Emak-emak Jaman Now Harus Datang ke Lombok" ini. 

Thanks for reading ya maks! Semoga bermanfaat ^^




You May Also Like

9 comments

  1. Ya baper baca yg no 3... Hehehehe..

    ReplyDelete
  2. Point nomer 3 nya itu bikin semangat hehehe, nais pos mbak sist

    ReplyDelete
  3. Cita2 aku banget mba pengen liburan ke lombok sama keluarga. Sering banget lihat dan dengar informasi nya, bener2 bikin mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin. semoga suatu hari cita-citanya terwujud ya mba

      Delete
  4. Saya pernah ke singgigi dan pantai kuta. Tetap pantai kuta paling mantap dari suasana dan keindahan pantainya. salam ayahbloggerdotcom

    ReplyDelete
  5. Saya belum emak2 tapi udah mengharuskan diri ke Lombok, gimana dong? Huehehe xD

    Eh 2 kali umik saya ke Lombok, pulangnya emang pasti bawa mutiara sih xD

    No doubt lah, Lombok itu a must place to visit in this world!

    ReplyDelete
  6. Emak2 zaman now mmng butuh piknik biar gak stress jg, alasanya jg realistis

    ReplyDelete