5 Tips Mempersiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir

By Baiq Rosmala - November 04, 2017

source: pixabay

Tips Mempersiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir. Sebelumnya saya ucapkan selamat yaa bagi para (calon) bunda yang sedang membaca artikel ini. Pasti deg-degan yaa memersiapkan perlengkapan si debay karena sebentar lagi ia akan lahir ke dunia. Wajar kok, apalagi jika si debay adalah bakal anak pertama. 

Saya, walaupun ini adalah kehamilan saya yang kedua, masih juga merasa khawatir dalam mempersiapkan kelahiran nanti. Padahal lahirannya masih sekitar 5 bulan lagi hihi. Sebenarnya beberapa pakaian dan perlengkapan bayi peninggalan dari anak pertama masih ada dan masih terawat. Tapi namanya wanita yaa, kadang masih aja merasa deg-degan.

Nah, apalagi bagi calon bunda yang akan melahirkan anak pertamanya. Dulu ketika saya hamil anak pertama, mempersiapkan pakaian dan perlengkapan bayi baru lahir adalah moment yang paling rempong dan sangat menyita waktu. Alasan utamanya sih lebih kepada karena belum memiliki gambaran bagaimana cara mengurus dan menghandle bayi baru lahir.

Becermin dari pengalaman melahirkan anak pertama saya, kali ini saya mau berbagi tips nih tentang bagaimana mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir agar tidak perlu khawatir lagi. Postingan ini sekaligus saya buat untuk sebagai reminder sih buat saya karena tak lama lagi akan melahirkan anak kedua. 

Tips memersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ala saya ini akan saya rangkum berdasarkan pengamatan saya terhadap kebiasaan umum/perilaku bayi baru lahir yang saya ketahui, semoga bermanfaat yaa!

1. Bayi itu Cepat Besar

Fakta yang pertama menurut pengamatan saya adalah bayi itu cepat banget besarnya bunda! Jadi sebenarnya tidak perlu mempersiapkan pakaian bayi yang terlalu banyak. Persiapkan juga pakaian yang ukurannya lebih besar. Terlebih karena kita belum tahu anak kita nanti lahirnya dengan berat badan berapa kilo. Kalau bayinya lumayan besar, sudah pasti pakaian bayinya akan cepat tidak terpakai lagi. 
 

2. Bayi Baru Lahir Lebih Banyak Tidur

Bayi yang baru lahir itu akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebisa mungkin bunda menyediakan pakaian yang nyaman untuk tidurnya. Misalnya bahan pakaian yang harus lembut dan tidak panas. Selain itu hindari memakaikan aksesoris yang berlebihan karena akan menghalangi ruang geraknya ketika tidur. Oiya, pastikan juga kerah bajunya yang longgar aja yaa. Intinya sih baju bayi baru lahir itu harus senyaman mungkin, hangat dan longgar.

3. Kulit Bayi itu Sensitif

Kulit bayi yang baru lahir itu sensitif sekali. Jadi pastikan bunda harus memerhatikan bahan pakaian yang digunakan. Usahakan sih yang bahannya dari katun atau wol saja. Selain itu, penggunaan diapers pada bayi baru lahir juga diperhatikan kualitas dan bahan diapersnya. Jangan sampai karena niat menghemat biaya, kita tidak memperhatikan kualitas perlengkapan bayi dikarenakan harganya yang lebih mahal dibandingkan produk regulernya. Kalau menurut saya, khususnya masalah diapers untuk bayi baru lahir, boleh lah pakai yang kualitas premium :) 

4. Tangan dan Kakinya Lebih Sering Menekuk

Ternyata tubuh bayi baru lahir itu sangat ringkih, alias (pakai bahasa saya sendiri) masih kaku. Jadi nih ya, kalau bayi ditaruh di posisi terlentang, badannya memang tidak lurus dan itu normal. Selain itu, tubuhnya lebih banyak gerak seperti kaki yang menendang-nendang dan tangan yang suka ditekuk. Nah, menurut pengalaman saya sebaiknya dihindari membeli kain bedong yang terlalu banyak. Memakaikan bedong itu sebenarnya untuk menjaga agar bayi tetap dalam keadaan hangat, dengan kata lain tidak perlu dipakai 24 jam! Jadi sesekali bedongnya dibuka ya bund, agar si bayi dapat bergerak leluasa dan bisa merangsang saraf sensorik dan motoriknya juga! ;)

5. Masih Rentan terhadap Kondisi Sekitar

Yang terakhir, bayi yang baru lahir itu masih sangat sangat rentan terhadap kondisi sekitar. Bayi akan rentan terkena penyakit karena sistem imunnya yang masih belum sempurna. Oleh karena itu, selain mempersiapkan pakaian, peralatan mandi dan peralatan tidur, siapkan juga peralatan kesehatannya. Minimal harus punya termometer, kassa, betadine dan minyak telon. 

Oke, sekarang minimal sudah ada gambaran kan yaa tentang kondisi bayi baru lahir dan perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan. Setidaknya, ketika menjelang lahiran nanti sudah tidak panik lagi dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Oiya kalau pengalaman saya, baik itu mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir ketika anak pertama maupun anak kedua, yang menjadi permasalahan utama adalah budget. Mempersiapkan perlengkapan anak pertama dulu saya langsung pergi belanja ke toko. Keliling kesana kemari mencari semua yang dibutuhkan. Kalau tidak ada di toko A, saya akhirnya harus mencari ke toko B sampai toko C. Semua membutuhkan waktu yang tidak sedikit, terlebih karena hamil besar, nyeri di bagian bawah perut kerasa banget deh, apalagi kalau boncengan naik motor.

Nah, belajar dari pengalaman sebelumnya, kali ini saya memutuskan untuk membeli pakaian dan perlengkapan bayi secara online saja. Selain dapat menghemat waktu, ternyata juga dapat menghemat biaya. Apalagi di bulan November ini banyak e-commerce atau market place yang menawarkan promo menarik menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tanggal 11 November nanti.

Penawaran yang paling menarik bagi saya adalah promo Blibli Histeria dari blibli.com! Karena kalau belanja dari sekarang, kita bisa berkesempatan memenangkan hadiah grand prize liburan ke Jepang! WOW


Yuk lansung belanja di blibli.com! Ada banyak keuntungan yang dapat kita peroleh jika belanja mulai tanggal 6-11 November 2017 diantaranya:
1. Promo Cashback 100% setiap hari dari tanggal 6-11 November 2017! (Wah!)
2. Best Deals, beberapa produk bisa dibeli dengan harga 11 ribu saja!
3. Ekstra Diskon untuk semua produk!
4. Gratis liburan tujuan domestik tiap hari dan pemenang boleh ajak teman!
5. Grand prize gratis ke Jepang!!!

Wew, keren banget enggak sih Promo 1111 dari blibli.com ini?! Yuk ah, langsung aja bunda belanja di blibli.com! :)

Thank you for reading ^^


  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Wah mantap banget informasinya..makasih gan sangat bermanfaat..dan bisa dijadikan sebagai referensi hehehe

    ReplyDelete