Piknik Seru Ala Guru Baru


Duh duh, udah lama enggak posting apa-apa dan ternyata enggak cuman sarang laba-laba aja yang banyak menghiasi dinding-dinding blog ini, sarang semut pun juga ada di mana-mana! Hihhi

Memulai postingan yang baru di sela-sela sarang laba-laba ini saya mau bahas topik yang ringan-ringan aja yaa.

Oke, sesuai judul, mari kita PIKNIK!

Anyway, kapan terakhir kalian piknik nih? Minggu lalu? Sebulan yang lalu? Atau setahun yang lalu? Wah, wah, kalau pikniknya sekali setahun saya enggak kebayang profesi kalian apa sampai sesibuk itu  -,-

Sebenarnya, apapun profesi kalian saya yakin pasti ada waktu lah buat sekedar jalan-jalan, iya kan? Minimal kan seminggu sekali pas car free day misalnya. 

Ngomongin tentang piknik, mungkin cerita piknik  saya kali ini enggak seseru tulisan blogger kece dari Lombok mba BunSal di http://www.muslifaaseani.com/. Kalau saya mah pikniknya sederhana aja. Kalau dibandingin sama BunSal yang selalu jalan-jalan keliling Lombok mah udah pasti enggak ada apa-apa nya.

Tulisan ini sengaja saya beri judul Piknik Seru ala Guru Baru. Yaps, saya adalah seorang guru (baru)! Sebenarnya punya pengalaman ngajar di lembaga non-formal sih ada, lumayan lama lah. Tapii, ini sekedar info aja (sebenarnya enggak penting) kalau saya baru saja menjalani profesi baru yaitu menjadi Guru SD! Yeay! Tepatnya sekitar dua bulan yang lalu ketika awal masuk tahun ajaran baru. 

Silahkan yang mau kasi selamat buat saya, saya menerima segala jenis apresiasi kok. Boleh ngasi saya tepuk tangan, boleh juga buah tangan. Alamat lengkap nanti saya pm ya sist ;)
Jadi nih ya ceritanya, kenapa awal-awal jadi guru baru malah menjadi ajang piknik seru buat saya? Karena sekolah tempat saya mengajar ini adalah salah satu SD IT di Kota Mataram yang baru berdiri.

Karena masih dalam tahap merintis, awal ajaran baru yang dimulai dua bulan yang lalu adalah waktu dimana para siswa menempati gedung baru. Wah, kebayang dong ya yang namanya nempatin gedung baru, pasti seru!

But wait, kalau denger kata “gedung baru” yang kebayang di pikiran kalian apa? Gedung mewah yang harum cat temboknya masih seger? (emang cat tembok itu wangi yah? :D) atau kalian terbayang taman bunga di setiap sudut lapangan sekolah? Pintu gerbang lebar lengkap dengan gapura megah yang membuat terpana setiap orang yang melihatnya?

Well, take a look at this guys!


Ini adalah foto yang saya ambil ketika pertama kali berkunjung melihat lokasi gedung baru. Kalau gedungnya masih begini ketika setahun sebelum ditempati sih oke aja ya, enggak jadi masalah. Tapi you know what, foto ini saya ambil dua minggu sebelum para siswa masuk! ulala ~ , ~

Hei, enggak ada satu sisi pun dari hal ini yang kami (para guru) ambil sebagai suatu masalah. Justru bagi kami ini adalah suatu tantangan. Alhamdulillah ketika menjadi "seorang yang baru" di sekolah ini saya sangat takjub melihat semangat luar biasa dari para guru, pengurus, pembina dan kepala sekolah. 

Walaupun bukan suatu masalah, mengingat hari masuk ajaran baru tinggal dua minggu lagi, kami semua tentu tidak bisa diam begitu saja. Dengan komado dari Ibu kepala sekolah kami semua akhirnya turun tangan membantu para tukang bangunan "menyelesaikan" gedung baru kami ini.

Keseruan pun akhirnya dimulai :)


Bagi saya yang belum pernah pegang kuas cat seumur hidup, tentunya ini adalah pengalaman yang tak akan terlupakan. Ketika tangan, jilbab, pakaian hingga sepatu yang saya pakai berubah menjadi warna warni karena terkena cat. 


Tenang, ini hanya hasil sementara saudara-saudara! Walaupun akhirnya harus nge-cat sampai tiga lapisan untuk menghasilkan warna yang maksimal, kami puas dengan hasil karya sendiri  ^^


Perlahan tapi pasti, hari demi hari sebelum para siswa kami tercinta memasuki ruang kelas mereka ini, sedikit demi sedikit akhirnya karya seninya terlihat juga. Ini salah satu pemandangan yang ada di kelas satu. 

Yeay! Welcome to Abu Bakar Class !!!
Sedangkan saya, yang tidak terlalu pandai membuat kerajinan tangan lebih memilih menghias kelas dengan menggambar saja hahaha -,- ini nih, penampakan salah satu dinding di ruang kelas 3 Abu Bakar tempat saya mengajar ;)

Capek? iya, tapi sedikit ajah. Percaya atau enggak, rasa capek ketika ngerjain itu semua hilang begitu aja ketika melihat senyum lebar para murid yang antusias belajar. Dengan kondisi gedung yang ber-tema-kan "alam" ini kami semua tidak pernah kekurangan rasa syukur dan ikhlas dalam memberi dan menerima ilmu.

Terlebih beberapa minggu kemudian kami kedatangan tamu dari Jerman. Tamu yang berkunjung untuk menjadi volunteer di kelas bahasa inggris itu katanya tertarik untuk mengunjungi kami karena rekomendasi dari temennya yang bergelut di dunia pendidikan. 


Mai Ke, seorang guru bahasa inggris dari Jerman ketika berkunjung ke sekolah kami. Walaupun non-muslim, dia dengan senang hati menggunakan hijab untuk menghargai budaya islamic school. Toleransi yang indah, ya?! 

Alright, itu lah kira-kira cerita piknik seru ala guru baru ini. Kalau kalian, piknik yang paling seru menurut kalian itu bagaimana? :)


2 comments:

  1. Seneng lihatnya mbak. keep inspiring ya :)

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum Ummu Yusuf..
    Baru meninggalkan komen setelah sejak pertama tulisan di atas tayang, bolak-balik numpang baca dan meresapinya (berasa kertas minyak :D )..

    Oia, btw, jalan-jalan saya lebih banyak gratisannya ^^
    Soalnya jadi tour guide dan anggota Generasi Pesona Indonesia yang memang selalu harus update kondisi terkini destinasi-destinasi wisata se Pulau Lombok. Jadi, setiap keluar rumah, setelan otak selalu siap berburu info atau mendadak jalan kalau memang tiba-tiba ada event pariwisata ^^

    Libur lebarannya seru pake banget..
    Jadi bidan kelahiran satu gedung sekolah yang baru..
    *tepuk2tangan-nyaainkembangapi-makankuetart *brasadipestaultah :D
    Keren bu guru, semoga selalu sehat dan nggak pernah libur mengajar. Anak-anak muridnya juga selalu sehat.
    Liat ruang kelasnya yang asyik, jadi pengen ikutan praktik mengajar.
    Dongeng Bahasa Sasak atau Bahasa Inggris gitu yaaa.
    Barter dengan diajari Bahasa Arab.
    *trus-ikutan-duduk-manis-dideretansiswa ^^

    ReplyDelete