Resep Kolak Biji Salak Ubi Madu

by - April 26, 2017

source: vemale.com
Kolak biji salak, pasti udah enggak asing lagi dong yaa di telinga ibu-ibu yang doyan masak. Atau ada yang baru denger kolak biji salak? Well, walaupun namanya biji salak, bahan bakunya bukan biji salak beneran kok! -,-

Anyway, setelah sekian lama blog ini ditinggal karena kesibukan sebagai mamah muda (hihihi).. Akhirnyaaa kesampaian juga ngedraft dan nulis postingan ini. Kebetulan kemarin pas banget bisa kumpul sama ibu-ibu (yang berasa) muda juga, agendanya sengaja dibuat khusus untuk belajar memasak kue sederhana. Hitung-hitung nambah resep baru untuk bikin ta'jil nanti di bulan Ramadhan yang akan segera datang (Ya Allah sampaikanlah umur kami pada bulan Ramadhan, amiiiin).

Alright, sesuai judul. Kali ini saya mau berbagi resep kolak biji salak ubi madu. Jadi udah kebayang dong ya bahan utamannya adalah ubi madu. Sebenarnya bisa juga pakai ubi biasa ataupun ubi ungu, tapi ubi madu ini cenderung lebih lembut dan rasanya lebih manis.

Yuk ah buibu langsung aja... bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:
1. Ubi madu
2. Tepung kanji (takarannya 1:1 dengan ubi)
3. Gula merah/ gula jawa
4. Santan kental
5. Gula pasir secukupnya
6. Air putih
7. Garam (seujung kuku)
8. Daun pandan 2 lembar

Langkah awal yaitu membuat biji salak:
1. Kupas ubi, cuci dengan air sampai bersih
2. Rebus air sampai mendidih
3. Masukkan ubi ke dalam air yang mendidih tadi dan tunggu sampai matang, tiriskan (atau bisa juga dengan dikukus)
4. Siapkan mangkok, campur ubi yang sudah dimasak tadi dengan tepung kanji, lalu diuleni sampai kalis
5. Ambil sedikit adonan (ukuran setengah sendok) lalu dibuat bulat-bulat
6. Masak air sampai mendidih kemudian masukkan biji salak yang sudah dibuat tadi
7. Tunggu sampai mengambang lalu angkat dan tiriskan.

Selanjutnya adalah membuat kuah santan dan gula merah. Langkah-langkahnya:
1. Siapkan santan yang kental: bisa dengan cara mem-blender kelapa yang dipotong kecil-kecil, lalu disaring. Atau bagi yang tidak mau repot bisa juga menggunakan santan instan siap saji yang banyak dijual di toko-toko)
2. Masukkan gula merah ke dalam santan, tambahkan daun pandan dan garam sedikit saja (seujung kuku) kemudian masak sampai mendidih
3. Jangan lupa sambil diaduk pelan pelan dan terus menerus agar santan tidak pecah

Siapkan mangkok, masukkan biji salak dan tuang kuahnya. Tadaaaa! Kolak biki salak ubi siap dinikmati :)

Alhamdulillah kemarin saya ngumpulnya sama ibu ibu yang doyan makan. Jadi kolaknya keburu abis duluan dan enggak sempat kefoto pemirsaah :D

Tapi untung saja ada sebagian foto-foto yang sempat tercapture ketika proses memasaknya :)

ubi, direbus dengan air mendidih

adonan ubi dan tepung kanji, diuleni sampai lembut

adonan dibulatkan

kelapa yang sudah dipotong kecil kecil, diblender, kemudian saring

kuah santan + gula merah + pandan (harus diaduk perlahan sampai mendidih agar tidak pecah)


Itulah resep cara membuat kolak biji salak ubi madu. Selamat mencobaa ^^


You May Also Like

9 comments

  1. Resepnya cocok dicoba buat berbuka puasa nih. Baru lihat gambarnya aja sudah buat ngiler. Makasih resepnya mbak. Saya save ya resep enaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mba.. selamat mencoba yaa :)

      Delete
  2. Resepnya cocok dicoba buat berbuka puasa nih. Baru lihat gambarnya aja sudah buat ngiler. Makasih resepnya mbak. Saya save ya resep enaknya

    ReplyDelete
  3. Pas baja judulnyaa td kupikirr biji salaak beneraan hehehe. . kalau didaerahku kaya gtu namanya jenang grendul :" miripp banget sama kolak biji salaak :D makasiih uda sharing resep yaa mbaak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengetahuan baru.. jenang grendul pasti bahasa Jawa ya mba :)

      Delete
  4. Ubi madu itu ky gmn ya, apa ada foto saat ubi masih utuh nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe keburu dimasak mba ubinya, lupa difoto :D
      ubi madu teh biasanya warna kulit dan isi dalemnya kuning gitu mba :)

      Delete
  5. resepnya ternyata enggak begitu sulit ya, thank you for sharing

    ReplyDelete