Bengkak Pada Jahitan Pasca Persalinan Normal

by - February 19, 2017




Alhamdulillah anak pertama saya lahir dengan cara persalinan normal, sesuai harapan. Namun sayangnya, belum pulih dari rasa sakitnya melahirkan secara normal itu ternyata dua hari setelahnya saya harus menahan sakit kembali karena luka jahitan yang membengkak.

Waktu itu rasa sakit dan nyeri tiba-tiba muncul tengah malam. Saya tidak bisa menggerakkan kaki saya dengan leluasa. Padahal sehari sebelumnya, rasa sakit di bagian pinggul sudah agak mendingan.

Nah, besok paginya (tiga hari pasca melahirkan) emang kebetulan ada jadwal kontrol ke bidan tempat saya melahirkan. Ketika sampai depan pintu, belum diperiksa pun si bidan udah tahu kalau luka jahitan saya pasti membengkak. Dikarenakan cara jalan saya yang masih kaku. 

Ketika diperiksa di bagian jahitannya, bengkaknya emang lumayan besar sih. Tapi untungnya enggak terlalu parah amat. Si bidan langsung bilang kalau bengkak itu timbul gara-gara saya kurang gerak. Jadi darah nifasnya keluar tidak lancar.

Kebiasaan Masyarakat Sasak

Saya masih ingat sekali ketika sebelum saya pulang meninggalkan Polindes, si Ibu Bidan emang berpesan kalau saya harus banyak gerak. Yaa, maksudnya enggak gerak yang berat-berat juga. Minimal jalan-jalan dan mengerjakan pekerjaan yang ringan-ringan. 

Namun ternyata, ketika saya sampai rumah, saya yang asli suku Sasak (suku di Lombok) dihadapi dengan tradisi/kebiasaan orang tua yang tidak membolehkan anaknya terlalu banyak gerak pasca melahirkan.
Jadi saya hanya boleh duduk sambil nyandar di tembok dengan kaki diluruskan, tidak boleh terlalu lama berdiri, tidak boleh jalan-jalan, tidak boleh menunduk atau jongkok ketika ngambil sesuatu/barang, tidak boleh duduk di kursi (karena posisi kakinya otomatis nekuk), dll.

Kalau udah gitu mah enggak perlu nunggu lama-lama, cukup dua hari pun si bengkak langsung muncul. Untung bengkaknya belum terlalu parah. Jadi proses penyembuhannya juga tidak terlalu lama. Selang beberapa hari setelah saya disarankan oleh bidan untuk tetap beraktifitas seperti biasa (mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga), akhirnya bengkaknya pun berangsur hilang. 

Bagi para bunda yang juga mengalami hal yang sama, berdasarkan pengalaman saya tersebut maka saya sarankan jangan takut gerak yaa setelah persalinan normal. Selain itu, minum air putih yang banyak. Walaupun entar bakalan sering bolak balik buang air kecil, justru air pipis itu lah yang membuat luka jahitan kita lebih cepat mengering. 

Oke deh, sekian dulu sharing kali ini, semoga bermanfaat ya bund.

Mungkin ada juga pengalaman bunda yang lainnya tentang cara mengatasi bengkak pada jahitan pasca persalinan normal? Share yuk! :)

You May Also Like

2 comments

  1. Oh justru harus banyak gerak yaaaa. Duh, kebayang deh gimana rasanyaaaaa. Ngilu 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, kalau kebanyakan diem darahnya jdi gk lancar

      Delete