Mitos Seputar Jenis Kelamin Bayi Dalam Kandungan

By Baiq Rosmala - January 22, 2017

pixabay.com

Hallo good people!

Setelah sebelumnya saya memposting tentang 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Positif Hamil, dalam postingan kali ini saya mau baerbagi tentang mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat terkait jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan.

Setelah melakukan test pack enam bulan yang lalu, usia kehamilan yang sekarang sudah memasuki 30 minggu emang sudah saatnya saya harus periksa ke dokter kandungan. Pemeriksaan pada usia kehamilan 7 bulanan ini tidak hanya penting untuk mengetahui perkiraan jenis kelamin bayi, tapi juga mengetahui posisi bayi yang ada dalam kandungan apakah sudah benar atau masih dalam posisi sungsang. Jika posisi sungsang, maka tentunya masih ada waktu untuk "membujuk" si debay untuk berputar ke arah jalan lahir.

Anyway kalau membahas jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan, ibu hamil yang tinggal di daerah seperti saya mungkin sudah pernah mendengar berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Ketika melihat perut bumil yang sudah besar, banyak orang yang kemudian mendadak menjadi "peramal". Mereka biasanya menebak-nebak jenis kelamin yang ada dalam kandungan berdasarkan bentuk dan ukuran perut. Bahkan ada juga yang menebak hanya dengan melihat raut atau garis wajah si bumil. Waaah hebat sekali yaa?

Kalau di daerah saya, berbagai mitos yang beredar di masyarakat terkait jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungan umumnya seperti:

Perut Bulat dan Melebar Kesamping

Jika bentuk perut bumil bulat dan melebar ke samping, kata orang-orang bayi yang ada dalam kandungan berjenis kelamin perempuan. Hmm, saya kurang paham juga sii kenapa sampai muncul teori seperti ini. Tapi yaaa namanya juga mitos hehe..

Perut Mancung ke Depan

Nah, kalau bentuk perut bumil lonjong atau mancung ke depan katanya sii debay nya pasti laki-laki. Saya sering mendengar kalau mitos ini muncul karena umumnya laki-laki memiliki badan yang lebih panjang ketimbang perempuan. Makanya kalau perutnya mancung ke depan diperkirakan bayinya berjenis kelamin laki-laki :D

Kalau Muka Ibunya Kusam

Oke, yang ini menurut saya rada-rada aneh. Banyak orang yang mengaku bisa menebak jenis kelamin dalam kandungan berdasarkan kondisi muka ibunya. Misalnya nih, kalau muka si bumil kucel dan kumel bin kusam maka biasanya debaynya laki-laki. Karena katanya kalau muka kusam itu diakibatkan si bumil males bersihin dan merawat muka, seperti umumnya laki-laki yang cuek terhadap penampilan. Sebaliknya, kalau si bumil rajin membersihkan wajah dan merawat kecantikan kulit maka biasanya debay dalam kandungan berjenis kelamin perempuan. 

Yaaah, kalau kebetulan emang males dandan gimana? Berarti debaynya cowok? Terus misalnya hari ini muka kusam, besoknya pas ada kondangan si bumil dandan cantik-cantik, itu gimana? Nah lhoo hihi...

Wajah Bumil Jerawatan

Baiklah, seharusnya kalau dianalisa, wajah bumil yang suka jerawatan pasti disebabkan karena bumil jarang bersihin muka kaaan? Kalau begitu, sesuai mitos sebelumnya, kalau jarang bersihin muka berarti debay nya nanti laki-laki. Tapi ternyata kebalikannya! Banyak ibu-ibu yang bilang kalau wajah si bumil banyak jerawatnya biasanya debaynya nanti perempuan! Ahh, mitosnya nggak nyambung doong? Hehe, namanya juga mitos -,-

Bumil Males Beresin Rumah

Baiklah, kadang saya suka males beresin rumah (sebenarnya sering, keseringan malah :D).. Kata orang, kalau bumil males beres-beres, males bersihin dan rapiin rumah, males ini itu, si debay yang ada dalam kandungan udah pasti laki-laki. Kenapa yaa? Apa karena kebiasaan laki-laki yang males beresin rumah karena sudah ada istri or emak yang beresin? Ah nggak juga lah yaa menurut saya. Karena suami saya kadang mau kok bantuin beresin rumah kalau istrinya yang hamil ini badannya pegel-pegel hehe..

Kulit Menjadi Kehitaman

Kalau yang ini emang saya sedang mengalaminya. Tiba-tiba ada beberapa area kulit yang berubah warna menjadi keabuan atau "agak" hitam. Seperti daerah leher dan bagian perut (disekeliling pusar). Garis lurus dari atas sampai bawah perut juga terlihat dengan jelas dan berwarna hitam. Tapi kata bidan, emang itu bawaan alami kehamilan kok hehe. Tapi, mitosnya siih, kalau kulit yang kehitaman itu pertanda bahwa debay yang ada dalam kandungan berjenis kelamin perempuan :)

Suka Makan yang Pedes-pedes

Di tempat saya, banyak ibu-ibu yang bilang kalau bumil yang dari trimester pertama suka makan rujak dan makanan pedas lainnya maka bisa ditebak bayi yang ada di dalam kandungan berjenis kelamin laki-laki. Hmm, saya juga nggak tau yaa latar belakang kenapa mitos ini sampai bisa muncul ke permukaan :D

---

Orang-orang tentunya memiliki kebebasan mau nebak debay nya laki-laki atau perempuan. Tapi yang pasti, apapun jenis kelaminnya, orang tuanya harus menerima dan mensyukurinya :)

Kalau bagi saya, mitos-mitos yang saya sebutkan di atas emang sering saya dengar dari tetangga dan kerabat-kerabat lainnya. Yaah, menurut saya siih jangan terlalu diambil pusing lah yaa.. Buat happy happy aja.. Biarkan mereka menebak dengan segala teori yang mereka miliki, toh juga debay yang ada di kandungan sudah diatur jenis kelaminnya dari awal sama Sang Maha Pencipta, Allah Subhanahuwata'ala..

Sebenarnya saya sempatkan diri untuk membuat postingan kali ini karena besok saya rencananya akan periksa ke dokter. Saya penasaran juga bagaimana hasilnya (yaa walaupun hasil USG dari dokter pun nggak menjamin 100% apakah jenis kelamin debay nya nanti kalau udah lahiran sesuai dengan hasil USG atau tidak).

Tapi buat sharing aja, selama ini banyak teman-teman saya menebak kalau debay yang ada dalam perutku ini jenis kelaminnya perempuan. Mereka melihat dari bentuk perutku yang bulat dan melebar (tidak mancung ke depan). Nah, ada juga beberapa teman yang menebak kalau jenis kelamin debay laki-laki karena mukaku yang sering kusam hahaha. 

Baiklah, besok kalau saya jadi ke dokter kandungan (insyaallah) dan hasil USG nya sudah keluar akan saya posting juga di blog ini.,
So.. we'll see it tomorrow yaaaa !!!!!!





  • Share:

You Might Also Like

0 comments